Menteri Jerman Sebut Usulan Tarif Uni Eropa terhadap Barang Tiongkok Bukan Hukuman

  • 23 Juni 2024 17:08:01
  • Views: 4

Syafira | Senin, 24/06/2024 02:02 WIB

Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck berjabat tangan dengan Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Zheng Shanjie di Beijing, Tiongkok 22 Juni 2024. REUTERS

BEIJING - Usulan tarif Uni Eropa terhadap barang-barang Tiongkok bukanlah sebuah "hukuman", Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck mengatakan kepada para pejabat Tiongkok di Beijing pada hari Sabtu.

Kunjungan Habeck ke Tiongkok adalah yang pertama yang dilakukan pejabat senior Eropa sejak Brussels mengusulkan bea masuk yang besar terhadap impor kendaraan listrik (EV) buatan Tiongkok untuk memerangi apa yang dianggap UE sebagai subsidi berlebihan.

Sebelum kedatangannya, Tiongkok memperingatkan pada hari Jumat bahwa meningkatnya perselisihan dengan UE mengenai kendaraan listrik dapat memicu perang dagang.

“Penting untuk dipahami bahwa ini bukanlah tarif yang bersifat menghukum,” kata Habeck pada sesi pleno pertama dialog iklim dan transformasi.

Negara-negara seperti AS, Brasil, dan Turki telah menerapkan tarif yang bersifat menghukum, namun Uni Eropa belum menerapkannya, kata Menteri Perekonomian. “Eropa melakukan hal yang berbeda.”

Habeck mengatakan bahwa selama sembilan bulan, Komisi Eropa telah memeriksa dengan sangat rinci apakah perusahaan-perusahaan Tiongkok mendapat keuntungan yang tidak adil dari subsidi.

Tindakan balasan apa pun yang dihasilkan dari tinjauan UE “bukanlah sebuah hukuman”, katanya, seraya menambahkan bahwa tindakan tersebut dimaksudkan untuk mengkompensasi keuntungan yang diberikan Beijing kepada perusahaan-perusahaan Tiongkok.

“Standar umum dan setara dalam akses pasar harus dicapai,” kata Habeck.

Saat bertemu dengan Zheng Shanjie, ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok, Habeck mengatakan usulan tarif UE dimaksudkan untuk menyamakan kedudukan dengan Tiongkok.
Zheng menjawab: "Kami akan melakukan segalanya untuk melindungi perusahaan Tiongkok."

Usulan bea masuk UE terhadap kendaraan listrik buatan Tiongkok akan merugikan kedua belah pihak, tambah Zheng. Dia mengatakan kepada Habeck bahwa dia berharap Jerman akan menunjukkan kepemimpinannya di Uni Eropa dan “melakukan hal yang benar”.

Ia juga membantah tuduhan pemberian subsidi yang tidak adil, dengan mengatakan bahwa pengembangan industri energi baru Tiongkok adalah hasil dari keunggulan komprehensif dalam teknologi, pasar dan rantai industri, yang dipupuk dalam persaingan yang ketat.

Pertumbuhan industri “adalah hasil persaingan, bukan subsidi, apalagi persaingan tidak sehat,” kata Zheng dalam pertemuan tersebut.

Bea masuk sementara UE akan diberlakukan pada tanggal 4 Juli, dengan penyelidikan akan berlanjut hingga 2 November, ketika bea masuk definitif, biasanya selama lima tahun, dapat diberlakukan.
Habeck mengatakan kepada para pejabat Tiongkok bahwa kesimpulan dari laporan UE harus didiskusikan.

“Saat ini penting untuk mengambil kesempatan yang diberikan oleh laporan ini dengan serius dan melakukan pembicaraan atau negosiasi,” kata Habeck.

Setelah pertemuannya dengan Zheng, Habeck berbicara dengan Menteri Perdagangan Tiongkok Wang Wentao, yang mengatakan dia akan membahas tarif dengan Komisaris UE Valdis Dombrovskis pada Sabtu malam melalui konferensi video.

Meskipun ketegangan perdagangan merupakan topik utama yang dibahas, tujuan pertemuan ini adalah untuk memperdalam kerja sama antara kedua negara industri untuk transisi ramah lingkungan.

Ini adalah sesi pleno pertama dialog iklim dan transformasi setelah Jerman dan Tiongkok menandatangani nota kesepahaman pada bulan Juni tahun lalu untuk kerja sama dalam perubahan iklim dan transisi hijau.

Negara-negara tersebut mengakui bahwa mereka mempunyai tanggung jawab khusus untuk mencegah pemanasan global sebesar 1,5 derajat Celcius (2,7 Fahrenheit) di atas suhu pra-industri, tingkat yang dianggap oleh para ilmuwan sebagai hal yang penting untuk mencegah dampak yang paling parah.

Tiongkok memasang hampir 350 gigawatt (GW) kapasitas energi terbarukan baru pada tahun 2023, lebih dari separuh total kapasitas global, dan jika negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini mempertahankan kecepatan ini, maka kemungkinan besar Tiongkok akan melampaui target tahun 2030 pada tahun ini, menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada bulan Juni oleh the Badan Energi Internasional (IEA) menunjukkan.

Meskipun Habeck memuji perluasan energi terbarukan di Tiongkok, ia mencatat bahwa penting untuk tidak hanya melihat perluasan energi terbarukan, tetapi juga emisi CO2 secara keseluruhan.

Batubara masih menyumbang hampir 60% pasokan listrik Tiongkok pada tahun 2023. “Tiongkok memiliki bauran energi berbasis batu bara,” kata Zheng.

Tiongkok, India, dan Indonesia bertanggung jawab atas hampir 75% total pembakaran batu bara global, karena pemerintah cenderung memprioritaskan keamanan, ketersediaan, dan biaya energi dibandingkan jumlah emisi karbon.

Zheng mengatakan Tiongkok sedang membangun pembangkit listrik tenaga batu bara sebagai langkah pengamanan.
“Saya masih percaya bahwa perluasan pembangkit listrik tenaga batubara secara besar-besaran dapat dilakukan secara berbeda jika kita mempertimbangkan implikasi energi terbarukan dalam sistem tersebut,” jawab Habeck.

KEYWORD :

China Uni Eropa Perang Dagang Mobil Listrik


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/157478/Menteri-Jerman-Sebut-Usulan-Tarif-Uni-Eropa-terhadap-Barang-Tiongkok-Bukan-Hukuman/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
ministries Kemendag,
topics Listrik,
products Batu Bara, batubara, kendaraan listrik,
nations Brasil, India, Indonesia, Jerman, Republik Rakyat Cina, Turki, Uni Eropa,
cities Beijing, Tiongkok,
transportations mobil listrik,