300 Ribu Hewan Kurban Dipotong di Jabar

  • 19 Juni 2024 02:07:38
  • Views: 3

Bandung: Jumlah hewan kurban yang dipotong pada Hari Raya Iduladha 1445 H di Jawa Barat mencapai lebih dari 300 ribu ekor atau senilai Rp1,4 Triliun berdasarkan data dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ). Untuk Baznas Provinsi Jabar sendiri, total pengumpulan hewan kurban sebanyak 354 ekor. Baznas di kota dan kabupaten sebanyak sebanyak 312.848 ekor. Kemudian LAZ se-Jabar sebanyak 13.569 ekor. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jabar, Arifin Soedjayana, mengatakan untuk menyembelih hewan kuran, Pemprov Jabar telah menyiapkan 42 rumah potong hewan (RPH) yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. "Kami menganjurkan hewan kurban di sembelih di RPH dan total RPH yang disiapkan untuk se wilayah Jabar sebanyak 42 unit RPH. Namun kami juga tidak menampik, jika masih banyak masyarakat yang melakukan penyembelihan hewan kurban secara mandiri di tempatnya masing-masing," kata Arifin dalam keterangan pers, Selasa, 18 Juni 2024.   Arifin menjelaskan berdasarkan data yang didapat saat ini hampir 80 persen, masyarakat melakukan penyembelihannya di lingkungan sekitarnya. Tapi pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat pada saat pelaksanaan pemotongan hewan kuran agar dilakukan di RPH. Sementara DKPP Kota Bandung mencatat jumlah hewan kurban yang dipotong di Kota Bandung tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Tahun ini jumlah hewan kurban yang dipotong berjumlah 13.701 ekor, terdiri sapi 7.455 ekor, domba atau kambing 6.246 ekor. "Terjadi peningkatan jumlah hewan kurban yang dipotong tahun ini, yakni sekitar 16.8 persen, dibanding 2023 yang hanya sebanyak 12 ribuan ekor. Peningkatan ini terlihat dari naiknya permintaan penyembelihan hewan kurban di dua tempat rumah potong hewan (RPH) kota Bandung. Tahun lalu sebanyak 363 ekor. Tahun ini menjadi 400an ekor lebih," kata Kadis DKPP Kota Bandung Gin Gin Ginanjar.

Bandung: Jumlah hewan kurban yang dipotong pada Hari Raya Iduladha 1445 H di Jawa Barat mencapai lebih dari 300 ribu ekor atau senilai Rp1,4 Triliun berdasarkan data dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ).
 
Untuk Baznas Provinsi Jabar sendiri, total pengumpulan hewan kurban sebanyak 354 ekor. Baznas di kota dan kabupaten sebanyak sebanyak 312.848 ekor. Kemudian LAZ se-Jabar sebanyak 13.569 ekor.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jabar, Arifin Soedjayana, mengatakan untuk menyembelih hewan kuran, Pemprov Jabar telah menyiapkan 42 rumah potong hewan (RPH) yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.
"Kami menganjurkan hewan kurban di sembelih di RPH dan total RPH yang disiapkan untuk se wilayah Jabar sebanyak 42 unit RPH. Namun kami juga tidak menampik, jika masih banyak masyarakat yang melakukan penyembelihan hewan kurban secara mandiri di tempatnya masing-masing," kata Arifin dalam keterangan pers, Selasa, 18 Juni 2024.
  Arifin menjelaskan berdasarkan data yang didapat saat ini hampir 80 persen, masyarakat melakukan penyembelihannya di lingkungan sekitarnya. Tapi pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat pada saat pelaksanaan pemotongan hewan kuran agar dilakukan di RPH.
 
Sementara DKPP Kota Bandung mencatat jumlah hewan kurban yang dipotong di Kota Bandung tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Tahun ini jumlah hewan kurban yang dipotong berjumlah 13.701 ekor, terdiri sapi 7.455 ekor, domba atau kambing 6.246 ekor.
 
"Terjadi peningkatan jumlah hewan kurban yang dipotong tahun ini, yakni sekitar 16.8 persen, dibanding 2023 yang hanya sebanyak 12 ribuan ekor. Peningkatan ini terlihat dari naiknya permintaan penyembelihan hewan kurban di dua tempat rumah potong hewan (RPH) kota Bandung. Tahun lalu sebanyak 363 ekor. Tahun ini menjadi 400an ekor lebih," kata Kadis DKPP Kota Bandung Gin Gin Ginanjar.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(DEN)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/Rb1YBZXb-300-ribu-hewan-kurban-dipotong-di-jabar
Tokoh



Graph

Extracted

persons Arifin,
companies Google,
ministries DKPP,
bumns Baznas,
events Zakat Fitrah,
products Hewan kurban,
places JAWA BARAT,
cities bandung,
animals Domba, Kambing, Sapi,