Ancaman Pasal UU ITE Menghantui Selebgram Asal Desa Sukolilo Usai Bikin Konten Pasca Pengeroyokan Bos Rental Mobil Asal Jakarta Hingga Tewas

  • 18 Juni 2024 00:15:48
  • Views: 5

Jakarta, tvOnenews.com - Kasus bos rental mobil berinisial BH asal Jakarta yang tewas dikeroyok warga Desa Sukolilo, Pati, Jawa Tengah berbuntut panjang usai penetapan 10 tersangkanya oleh kepolisian.

Tak hanya menyasar kepada para pelaku pengeroyokan, polisi turut mengembangkan kasus kematian bos rental mobil tersebut.

Semisal pemeriksaan selebgram asal Desa Sukolilo yakni @teyeng_wakatobi yang kini ikut periksa polisi.

Hal itu dikonfirmasikan oleh Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Stefanus Satake Bayu.

Menurutnya selebgram pembuat konten pasca pengeroyokan bos rental mobil berinisial BH itu diperiksa sebagai saksi.

"Dperiksa terkait UU ITE, terkait ujaran kebencian," kata Satake Bayu kepada awak media, Jakarta, Senin (17/6/2024).

Satake Bayu menuturkan nantinya kepolisian akn turut meminta keterangan ahli terkait konten yang dibuat oleh selebgram tersebut.

Nantinya pihaknya akan memberikan keterangan lanjutan terkait hasil pemeriksaannya bersama para ahli.

"Nanti akan digelarkan hasilnya," kata dia.

Pelaku Pengeroyokan Bos Rental Mobil Hingga Tewas di Desa Susokilo Terus Bertambah, Irjen Ahmad Luthfi 'Ultimatum' Serahkan Diri

Polda Jawa Tengah kembali meringkus pelaku pengeroyokan terhadap bos rental mobil asal Jakarta yang tewas di Desa Sukolilo, Jawa Tengah. 

Setelah sebelumnya terdapat 4 orang telah ditangkap yakni berinisial S (35), AK (48), Sa (60), dan SUN (63) kini polisi mengamankan 6 orang pelaku lainnya.

Sehingga total terdapat 10 orang yang diamankan karena terbukti melakukan tindak pidana pengeroyokan.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi mengatakan para tersangka ditangkap saat sembunyi di hutan dan kebun.

"Tadi malam empat orang, dan subuh dua orang. Sebelumya sudah 4 orang. Jadi jumlahnya 10 orang tersangka. Mereka punya peran dan bukti permulaan cukup bahwa yang bersangkutan terlibat kasus 170 pengeroyokan. Kita tangkap dan langsung tahan," kata Ahmad Luthfi di Mapolda Jateng, Sabtu (15/6/24).

Ahmad Luthfi menuturkan keenam tersangka baru pada kasus pengeroyokan itu masing-masing berinisial STM (35), AK (46), SA (60), SU (63), NS (29), SHD (39).

Keenam tersangka baru tersebut didapati merupaka warga Sukolilo, Pati yang ikut dalam aksi pengeroyokan tersebut.

"Mereka yang ditangkap perannya antara lai ada yanv ambil alih kendaraan, stop kendaraan, cengkiwing korban, tendang perut. Ada yang pukul dengan batu yang ditali di kaos. Ada yang melindas dengan motor," ungkapnya.

Ahmad Luthfi menjelaskan terdapat pelaku lain yang masih diburu oleh pihak kepolisian.

Ia pun mengimbau kepada pelaku lain aksi pengeroyokan terhadap bos rental mobil tersebut untuk menyerahkan diri.

"Kami ingatkan kepada para pelaku untuk menyerah. Atau akan ada upaya paksa. Sudah kantongi beberapa nama yang bukti permulaannya cukup untuk lakukan upaya paksa," tegasnya.

Terkait penyitaan barang bukti mobil dan motor di tiga Desa Sukolilo Pati, Ahmad Luthfi menegaskan akan menindak lanjuti viralnya laporan masyarakat tentang adanya penadah di tiga wilayah tersebut.

"Kita hanya menyita mobil dan motor tanpa surat lengkap. Untuk dugaan penadah belum, masih upaya pendalaman pemeriksaan saksi," kata Ahmad Luthfi.

Ahmad Luthfi telah meminta personelnya melakukan kegiatan kepolisian seperti razia multi fungsi di beberapa wilayah.

"Kita minta segera lakukan razia kegiatan multi sasaran operasi kendaraan di tiga wilayah Trangkil, Sukolilo, dan tambak kromo. Tujuannya merubah image Kabupaten Pati. Sekali lagi tidak holeh malakukan main hakim sendiri," tegasnya.

Diketahui, pengeroyokan mengakitbatkan bos rental asal Jakarta, BH (52) meninggal di Sukolilo pada 6 Juni 2024.

Ia dan tiga temannya dikeroyok saat akan mengambil mobilnya yang disewa dan sudah lama tidak kembali. Peristiwa yang terjadi 6 Juni 2024. (raa)


Sumber: https://www.tvonenews.com/berita/nasional/219648-ancaman-pasal-uu-ite-menghantui-selebgram-asal-desa-sukolilo-usai-bikin-konten-pasca-pengeroyokan-bos-rental-mobil-asal-jakarta-hingga-tewas?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ahmad Luthfi,
ministries Polisi,
topics BOS,
products UU ITE,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH, SULAWESI TENGGARA,
cities Pati,