Ragam Cerita Sapi Kabur Saat Idul Adha: Masuk Rumah-Bikin Pingsan Warga

  • 17 Juni 2024 20:04:17
  • Views: 7

Jakarta -

Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di Indonesia dirayakan pada hari ini, 17 Juni 2024. Di momen ibadah kurban ini, tak sedikit cerita menarik yang terjadi di berbagai daerah berkaitan dengan hewan kurban, seperti sapi yang kabur ketika hendak disembelih.

Berbagai momen mengenai sapi kabur tersebut juga banyak yang turut dibagikan di media sosial hingga viral. Berikut sederet cerita sapi kurban kabur saat hendak disembelih di Hari Raya Idul Adha yang dirangkum detikcom Senin (17/6/2024):

Sapi Kurban di Jakut Lepas Masuk Rumah Warga

Seekor sapi kurban terlepas dari ikatannya hingga masuk ke rumah warga di Papanggo, Jakarta Utara (Jakut). Warga pun kocar-kacir menghindari sapi tersebut. Video yang mendokumentasikan momen ini juga viral di media sosial.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilihat detikcom dalam video yang dikirimkan salah satu warga bernama Ihsan pada Senin (17/6/2024), tampak sejumlah pria tengah berusaha mengeluarkan sapi yang berada di dalam rumah warga atau tepatnya di dapur. Sejumlah warga pun mencoba mengeluarkan sapi tersebut melewati kamar dari pemilik rumah.

Saat dihubungi terpisah, Ihsan mengatakan peristiwa tersebut terjadi sebelum sapi itu dipotong. Warga pun sempat ketakutan. Beruntung, salah satu warga berani membawa keluar sapi tersebut. Setelah bisa dievakuasi, sapi tersebut bisa langsung dikurbankan.

Sapi Kurban di Jaktim Ngamuk dan Seruduk Motor

Di Jakarta Timur (Jaktim), ada juga seekor sapi kurban yang terlepas dan kabur lalu ngamuk hingga menyeruduk motor warga Kelurahan Kalisari, Cijantung. Video kejadian tersebut pun beredar di media sosial.

Dihubungi terpisah, warga yang mengunggah video tersebut, Dwiki, mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi pada Senin (17/6/2024) pagi. "Terus pas mau dimulai proses penyembelihan, tiba-tiba sapinya ngamuk. Lepas dari yang megang sapi," kata Dwiki kepada detikcom.

Setelah terlepas sekitar kurang lebih dua jam, akhirnya sapi tersebut berhasil ditangkap di Kopi Nako Kalisari. "Akhirnya bisa ditangkep di Kopi Nako Kalisari jam 11-an dan akhirnya disembelih setelah adzan dzuhur sekitar jam 12," pungkasnya.

Sapi Kurban di Solo Kabur ke Selasar Masjid Agung

Seekor sapi kurban di Masjid Agung Solo, Jawa Tengah (Jateng) yang hendak disembelih lepas dan sempat lari ke selasar masjid. Hal tersebut diketahui dari video viral di media sosial. Ketua Takmir Masjid Agung, KH Muhtarom membenarkan kejadian itu. Dirinya mengatakan, sapi lepas saat hendak dibawa ke lokasi penyembelihan.

"Iya tadi sebelum salat Zuhur, sapinya mau dibawa ke lokasi penyembelihan. Kan lokasi sapi agak jauh dengan lokasi penyembelihan, nah saat dibawa itu sapi berot (berontak) terus lepas," katanya dihubungi detikJateng, Senin (17/6/2024).

Lebih lanjut, Muhtarom memastikan tidak ada korban dari kejadian lepasnya sapi kurban tersebut. Pihak takmir Masjid Agung Solo juga mengejar sapi berwarna coklat tersebut hingga bisa dikendalikan dan dibawa ke tempat penyembelihan.

Sapi di Semarang Ngamuk Seruduk Panitia Kurban

Sebuah video sapi berwarna putih berlari di tengah jalan daerah Sampangan Kota Semarang. Sapi itu ternyata lepas saat akan disembelih untuk kurban. Dalam video yang beredar di media sosial, sapi tersebut lari di jalan raya dengan tali masih terikat di leher. Beberapa orang pun berusaha mengejar.

Bhabinkamtibmas Sampangan, Aiptu Septriyanto mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Senin pagi tadi. "Lari dari Menoreh Raya sampai Kelud Timur. Jadi pas di Taman Sampangan sapi nyruduk warga. Kebetulan yang ditabrak salah satu panitia kurban," jelasnya dilansir detikJateng, Senin (17/6/2024).

Sapi mengamuk setelah melihat sapi lain disembelih. Panitia kurban kemudian dibantu oleh warga Kelud menangkap sapi tersebut. Kemudian sapi kembali dibawa ke Masjid An Nur untuk dilakukan penyembelihan dalam rangka Idul Adha.

Sapi Kurban di Sleman Lepas hingga Tabrak Warga

Kejadian sapi kurban mengamuk dan melukai warga juga terjadi di daerah Padukuhan Samberembe, Kalurahan Candibinangun, Kapanewon Pakem, Sleman. Anggota TRC BPBD Sleman Aris Cendol mengatakan kejadian terjadi pada Senin pagi.

Dia mengatakan, awalnya sapi tersebut sudah berada di alat pemotong. Namun, tali yang mengikat sapi terlepas. "Talinya putus, karena tadi kan sudah masuk ke alat pemotong, pakai besi itu tapi terlepas," kata Aris saat dihubungi detikJateng, Senin (17/6/2024).

Usai memperoleh laporan, sekitar lima personel TRC BPBD Sleman yang terjun ke lokasi akhirnya bisa menangkap sapi tersebut. Sebanyak tiga orang luka akibat tertabrak sapi. Satu di antaranya harus mendapatkan perawatan medis.

Sapi Kurban di Gresik Lepas saat Antre Disembelih

Seekor sapi kabur saat diantar pemiliknya menuju tempat penyembelihan di Desa Gredek, Duduksampeyan, Gresik, Jawa Timur (Jatim). Kepala Desa Gredek, M. Bahrul Ghofar mengatakan saat itu pemilik sapi hendak mengantar sapi ke tempat penyembelihan untuk disembelih atau dikurbankan.

"Sapi itu posisi dibawa dari rumah ke tempat penyembelihan. Sampai di lokasi mau diikat di patokan tempat berkumpulnya hewan qurban, sapi berontak akhirnya lepas ke kampung," kata Ghofar kepada detikJatim, Senin (17/6/2024).

Karena lepas, lanjut Ghofar, pemuda sekitar dan panitia penerimaan hewan kurban melakukan pengejaran terhadap sapi tersebut. Setelah melakukan pengejaran selama 20 menit, sapi tersebut berhasil diamankan.

Domba di Cianjur Kabur dan Naik Atap Rumah Warga

Tak hanya sapi kurban, ada juga seekor domba kurban yang kabur di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Domba tersebut juga sempat naik ke genting atap rumah warga. Momen itu pun viral usai video yang diambil oleh warga tersebar di media sosial.

Irpan Bayu Saputra, pemilik domba, mengatakan awalnya dia membawa dua ekor domba untuk dikurbankan di Kampung Bongas pada Senin pagi. Dia mengatakan, saat mendekati lokasi penyembelihan, warga memberitahu jika salah satu dombanya kabur.

Meskipun sempat terjadi drama yang menghebohkan itu, domba tersebut akhirnya disembelih atau dikurbankan dan dagingnya dibagikan pada warga sekitar. "Sebelum jam 12 sudah disembelih dan dibagikan dagingnya," kata Irpan, dilansir detikJabar, Senin (17/6/2024).

(wia/dnu)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7395453/ragam-cerita-sapi-kabur-saat-idul-adha-masuk-rumah-bikin-pingsan-warga
Tokoh

Graph