5 Keutamaan Berkurban Idul Adha, Nomor 3 Dimohonkan Ampun Sampai Kiamat

  • 17 Juni 2024 19:10:16
  • Views: 3

JAKARTA, iNews.id - Umat Islam yang mampu dianjurkan berkurban pada Hari Raya Idul Adha, Senin (17/6/2024). Lantas apa keutamaan umat muslim berkurban?

Ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT dengan melaksanakan ibadah kurban. Nabi Muhammad SAW juga tidak pernah meninggalkan ibadah kurban sampai beliau wafat.

Baca Juga

Harga Sapi Kurban 2024 Dijual Mulai dari Rp18 Juta, Termahal Berapa?

Selain itu, Allah SWT tak menyukai sifat kikir dan pelit. Maka berkurban memiliki artian membagi-bagikan rezeki dalam bentuk daging hewan ternak.

Anjuran berkurban itu termaktub dalam Alquran. Allah SWT berfirman:

Baca Juga

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban, Simak di Sini

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَۙ

Artinya: "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (QS. Al Hajj: 34)

Baca Juga

Masjid Istiqlal Terima 44 Hewan Kurban, Penyerahan Terakhir Hari Ini

Hewan kurban yang disembelih dan dikurbankan pada Idul Adha subtansinya adalah ketakwaan.

Allah SWT berfirman:

Baca Juga

Makan Daging Kurban, Lebih Banyak Mana Kandungan Kolesterol Sapi dan Kambing? 

لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya”. (Al-Hajj: 37)

Ibadah kurban memiliki banyak keutamaan jika dilaksanakan dengan ikhlas dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wata'ala.

Berikut keutamaan ibadah kurban dikutip iNews.id dari laman Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB (PISS-KTB).

1. Disukai Allah SWT

حَدَّثَنَا أَبُوْ عَمْرٍو مُسْلِمُ بْنُ عَمْرٍو الْحَذَّاءُ الْمَدَنِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ نَافِعٍ الصَّابِغُ أَبُوْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي الْمُثَنَّى عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ اَبِيْه عَنْ عَائِشَةَ : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ اَحَبَّ اِلَى اللهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمٍ اِنَّهَا لَتَأْتِيْ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ بِقُرُوْنِهَا وأَشْعَارِهَا وَاَظْلاَفِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللهِ قَبْلَ اَنْ يَقَعَ مِنَ اْلاَرْضِ فَطِيْبُوْا بِهَا نَفْسًا

Telah menceritakan kepada kami Abu Amr Muslim bin Amr Al Hadzdza` Al Madani, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Nafi’ Ashshabigh Abu Muhammad, dari Abul Mutsanna, dari Hisyam bin Urwah, dari bapaknya, dari Aisyah, sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak beramal anak Adam pada hari Nahr ('Idul Adha) yang paling disukai Allah selain daripada mengalirkan darah (menyembelih qurban). Kurban itu akan datang kepada orang-orang yang melakukannya pada hari kiamat dengan tanduk, rambut dan kukunya. Darah kurban itu lebih dahulu jatuh ke Allah sebelum jatuh ke atas tanah. Oleh sebab itu, berkurbanlah dengan senang hati.”

2. Jadi Kendaraan di Akhirat

وَذَكَرَ الرَّافِعِيُّ وَابْنُ الرِّفْعَةِ حَدِيْثَ عَظِّمُوْا ضَحَايَاكُم فَإِنَّهَا عَلَى الصِّرَاطِ مَطَايَاكُمْ وَهُوَ فِيْ مُسْنَدِ الْفِرْدَوْسِ لِأَبِيْ مَنْصُوْرٍ الدَّيْلَمِيِّ لَكِنْ بِلَفْظِ اِسْتَفْرِهُوْا بَدَلَ عَظِّمُوْا

Imam Rafi’i dan Imam Ibnurrif’ah menuturkan hadits:‘azhzhimuu dhahaayakum fa innahaa ‘alashshiraathi mathaayaakukum (Besarkanlah hewan-hewan kurban kalian, karena sesungguhnya hewan itu akan menjadi tumpangan kalian di shirath (jembatan).

Editor : Faieq Hidayat


Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/5-keutamaan-berkurban-idul-adha-nomor-3-dimohonkan-ampun-sampai-kiamat
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BIN,
religions Islam,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
fasums Masjid Istiqlal,
products daging, Hewan kurban,
places DKI Jakarta,
animals Kambing, Sapi,