Wapres Ma’ruf Amin Serahkan Hewan Kurban Sapi 1,16 Ton di Masjid Istiqlal

  • 17 Juni 2024 19:16:01
  • Views: 2

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyerahkan hewan kurban miliknya seusai salat Iduladha 1445 H di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2024). Hewan kurban tersebut diserahkan langsung ke Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

“Menjadi tradisi setiap tahun Presiden dan Wakil Presiden memberikan kurban di beberapa tempat dan utamanya di Masjid Istiqlal,” kata Ma’ruf dalam konferensi persnya di Kompleks Masjid Istiqlal.

Adapun, dirinya berkurban sapi jenis Limosin dengan berat sekitar 1,16 ton. Pada kesempatan itu juga, dia menyerahkan sapi milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga berjenis Simental dengan berat 1,2 ton.

Lebih lanjut, Ma’ruf mengatakan penyembelihan hewan kurban adalah sunnah Nabi Ibrahim yang dilakukan setiap tahun. Nantinya, daging kurban akan didistribusikan kepada orang fakir dan miskin. 

Tak hanya itu, dia juga menyoroti kurban di Masjid Istiqlal tahan ini cukup banyak yang mencapai 5o ekor sapi dan kambing.

Lebih jauh, dirinya memandang kurban adalah salah satu hal yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendekatkan diri kepada ke-ridhoan-Nya.

“Artinya kurban ini adalah dalam arti katanya itu sesuatu yang dijadikan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sesuatu yang membuat kita dekat kepada Allah, itu namanya kurban,” imbuhnya.

Sebelumnya, Wapres bersama istrinya melaksanakan ibadah salat Id di Masjid Istiqlal pagi ini. Pelaksanaan salat dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Salat Iduladha di Masjid Istiqlal kali ini diimami oleh Martomo Malaing. Sementara itu, khatibnya Amien Suyitno. Adapun, khutbah hari ini bertema ‘Semangat Idul Adha, Hadirkan Cinta dan Kepedulian Sosial’.

42


Sumber: https://www.gatra.com/news-600928-nasional-wapres-maruf-amin-serahkan-hewan-kurban-sapi-116-ton-di-masjid-istiqlal.html
Tokoh









Graph