19 Jemaah Haji Yordania-Iran Meninggal, Arab Saudi Ingatkan Panas Ekstrem

  • 17 Juni 2024 18:08:41
  • Views: 2

Riyadh -

Arab Saudi memperingatkan lonjakan suhu panas di Makkah ketika para jemaah menjalankan ibadah haji dalam cuaca panas ekstrem. Sedikitnya 19 jemaah haji asal Yordania dan Iran meninggal dunia akibat cuaca ekstrem di Tanah Suci.

Seperti dilansir AFP, Senin (17/6/2024), musim haji tahun ini kembali berlangsung saat musim panas menyelimuti Saudi, dengan Kementerian Kesehatan Riyadh mencatat lebih dari 2.700 kasus "kelelahan akibat cuaca panas" atau heat exhaustion sepanjang Minggu (16/6) waktu setempat.

Pada Senin (17/6) waktu setempat, suhu udara di Makkah dan di dekat Mina diperkirakan mencapai 49 derajat Celsius.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tempat-tempat suci hari ini mencatat suhu tertinggi sejak awal musim haji... dengan derajat yang bisa mencapai 49 derajat Celsius, dan kami mengimbau para tamu Allah untuk tidak terpapar sinar matahari," demikian imbauan Kementerian Kesehatan Saudi seperti dilaporkan televisi Al-Ekhbariya.

Kementerian Luar Negeri Yordania mengumumkan pada Minggu (16/6) waktu setempat bahwa sedikitnya 14 jemaah haji asal negara tersebut meninggal dunia "setelah mengalami sun stroke akibat gelombang panas (heat wave) ekstrem".

"Sebanyak 14 jemaah haji Yordania meninggal dan 17 orang lainnya hilang (saat menunaikan ibadah haji)," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Yordania.

Dalam pernyataan pada hari yang sama, Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Pirhossein Koolivand, melaporkan bahwa "lima jemaah haji Iran telah kehilangan nyawa mereka sejauh ini di Makkah dan Madinah selama ibadah haji tahun ini"

Namun tidak disebutkan lebih lanjut soal penyebab kematian para jemaah haji Iran tersebut.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.


Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7395335/19-jemaah-haji-yordania-iran-meninggal-arab-saudi-ingatkan-panas-ekstrem
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Kementerian Luar Negeri, Kemlu,
topics haji, stroke,
events Ibadah Haji,
nations Arab Saudi, Iran, Yordania,
cities Madinah, Riyadh,