Densus 88 Tangkap Tukang Bubur Terduga Teroris, Terafiliasi Pendukung ISIS

  • 17 Juni 2024 12:23:15
  • Views: 8

PIKIRAN RAKYAT - Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang pria terduga teroris berinisial AAR di rumah kontrakannya yang berlokasi di Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Sabtu, 15 Juni 2024. Hal itu disampaikan langsung oleh Tim Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko.

"Pada hari Sabtu, 15 Juni 2024, telah dilaksanakan penegakan hukum terhadap satu tersangka berinisial AAR," katanya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari dari Antara pada Minggu, 16 Juni 2024.

AAR terlibat dalam tindak terorisme yang terafiliasi dengan kelompok negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Kabupaten Karawang. Menurut keterangan Trunoyudo, AAR juga residivis tindak terorisme.

"AAR juga merupakan residivis kasus terorisme pada tahun 2011 dan 2018," ujarnya.

Saat itu, AAR ditangkap lantaran merencanakan aksi teror menggunakan bahan peledak.

Barang Bukti yang Disita

Tim Densus 88 Antiteror Polri menggerebek sekaligus menggeledah rumah kontrakan AAR dan menyita sejumlah barang bukti.

"Turut diamankan juga beberapa komponen elektronik dan bahan peledak yang akan digunakan oleh tersangka dalam melakukan aksi teror," ucapnya.

Berdasarkan keterangan pemilik rumah kontrakan, Asep Bahrum, petugas juga menyita serbuk berwarna putih dan kuning. Ia mengetahui hal itu lantaran turut mendampingi Tim Densus 88 Antiteror Polri saat melakukan penggeledahan.

"Ada sejumlah barang yang dibawa oleh petugas saat penggeledahan itu. Ada (barang yang dibawa), tetapi saya kurang jelas. Itu ada buku, kemudian serbuk warna putih dan kuning di dalam plastik. Kalau tidak salah saya dengar, itu belerang," katanya melanjutkan.

Identitas AAR

Asep Bahrum mengaku tak mengetahui identitas AAR. Sebab, pria tersebut belum menyerahkan KTP kepadanya sejak mengontrak bulan lalu.

Menurut Ketua RW setempat, AAR tampak merahasiakan identitasnya. Bahkan, AAR tak mau diajak kenalan.

"Warga tidak ada yang tahu identitasnya, karena memang ditutup-tutupi," ujarnya.

"Saya itu sudah tiga kali datang ke kontrakan untuk menanyakan identitasnya. Tetapi dia selalu menolak dengan berbagai alasan. Ketika diajak berkenalan pun tidak menanggapi," ucapnya melanjutkan.

Selama ini, AAR dikenal sebagai pedagang bubur sumsum.***

 

 

 

 

 

 

 

 


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018215568/densus-88-tangkap-tukang-bubur-terduga-teroris-terafiliasi-pendukung-isis?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Trunoyudo Wisnu Andiko,
ministries Densus 88, Polisi,
organizations ISIS,
religions Islam,
products KTP,
nations Irak, Suriah,
places JAWA BARAT,
cities Karawang,
cases teror, Teroris,