Banyak Nonmuslim Ikut Kurban, Solidaritas Sosial

  • 17 Juni 2024 09:39:32
  • Views: 4

Jakarta -

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyerahkan hewan kurban miliknya dan milik Presiden Joko Widodo kepada pengurus Masjid Istiqlal, Jakarta. Wapres Ma'ruf menyebut yang ikut kurban di Masjid Istiqlal bukan hanya orang Islam.

Dalam penyerahan ini, Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, menerima langsung sapi milik Presiden dan Wakil Presiden. Dalam proses penyerahan, Ma'ruf Amin juga menyebut banyak hewan kurban di Masjid Istiqlal yang diserahkan oleh saudara-saudara nonmuslim.

"Ternyata yang berkurban bukan hanya orang Islam. Tadi Pak Imam (Nasaruddin Umar) yang tadi berkurban banyak nonmuslim," kata Wapres Ma'ruf Amin saat penyerahan hewan kurban di halaman Masjid Istiqlal, Senin (17/6/2024).

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ma'ruf menyebut kurban dari umat nonmuslim ini sebagai tanda solidaritas antar umat dan bangsa masih tumbuh. Dia pun meminta hal-hal seperti ini dapat terus dipertahankan.

"Nah mereka memang bukan untuk apa, mereka itu solidaritas sosialnya yang tumbuh. Solidaritas sosial ini masih hidup di kalangan bangsa ini, kita pertahankan, kita perbesar dan kita kuatkan," ujar Ma'ruf.

Sementara Nasaruddin Umar menjelaskan Masjid Istiqlal sejauh ini telah menerima total 50 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Kemudian dia menyebut dari 50 ekor sapi tersebut, terdapat sebanyak 22 ekor yang merupakan pemberian dari umat nonmuslim.

"Kawan-kawan juga memberikan sedekahnya dari nonmuslim, ada memberikan hadiah juga untuk menambah distribusi daging kurban kita. 22 ekor dari sahabat kita dari nonmuslim, ada dari Katedral sapinya besar," terang Nasaruddin.

"Kemudian juga dari Hotel Borobudur itu menyumbang 20 ekor sapi besar-besar, lalu ada dari rekan-rekan kita dari komunitas Tionghoa itu juga memberikan tambahan hewan kurban untuk diberikan ke mereka yang berhak," imbuhnya.

(lir/lir)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7394711/wapres-maruf-banyak-nonmuslim-ikut-kurban-solidaritas-sosial
Tokoh







Graph

Extracted

persons Joko Widodo, Ma'ruf Amin, Nasaruddin Umar,
ministries MA,
religions Islam,
fasums Borobudur, Masjid Istiqlal,
products daging, Hewan kurban,
places DKI Jakarta,
animals Kambing, Sapi,