Sapi Kurban Jokowi, Prabowo, Gibran, dan Megawati di Istiqlal, Gede Semua!

  • 17 Juni 2024 10:40:46
  • Views: 2

Jakarta -

Masjid Istiqlal banyak menerima sumbangan hewan kurban, termasuk dari tokoh-tokoh politik seperti Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri hingga presiden terpilih 2024-2029 yang juga Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto.

"Hari ini saya ingin sampaikan jumlah hewan kurban yang kita kumpulkan jumlah sapinya adalah 50 ekor sapi. Yang kita saksikan adalah dari Pak Presiden, lalu Pak Wapres, ada juga Pak Prabowo, Pak Gibran, Bu Megawati," kata Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar kepada wartawan, Senin (17/6/2024).

Sapi kurban dari Presiden Jokowi adalah sapi limosin dengan berat 1,3 ton. Sapi kurban dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin adalah sapi berbobot 1,2 ton. Sapi dari Prabowo adalah sapi dari Sukabumi dengan berat 1,2 ton. Sapi dari wakil presiden terpilih sekaligus putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, bobotnya 1,2 ton. Semua sapi ini baru akan disembelih pada Selasa (18/6) besok.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sapi limosin 1,3 ton untuk kurban dari Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal (Taufiq/detikcom)

Selain itu, Nasaruddin Umar menjelaskan hewan kurban di Istiqlal ini datang bukan hanya dari tokoh-tokoh muslim melainkan ada juga pemberian dari umat non-muslim. Dia pun menyebut hal ini menjadi bukti toleransi yang erat tumbuh di kalangan masyarakat.

"Kemudian juga yang menarik ya justru kawan-kawan juga memberikan sedekahnya dari non-muslim, ada memberikan hadiah juga untuk menambah distribusi daging kurban kita," jelas Nasaruddin.

Sapi kurban dari Gibran Rakabuming di Istiqlal, 17 Juni 2024. (Kurniawan Fadilah/detikcom)

"Inilah toleransi Indonesia. Sebenarnya yang wajib untuk berkorban itu adalah terutama umat Islam ya yang berkemampuan. Tapi inilah Indonesia, inilah Istiqlal, benar-benar kita menjalin sebuah toleransi, ada understanding yang sangat dalam, lintas agama di Istiqlal ini," sambungnya.

Sapi kurban dari Megawati di Istiqlal, 17 Juni 2024. (Kurniawan Fadilah/detikcom)

Nasaruddin Umar menjelaskan Masjid Istiqlal sejauh ini telah menerima total 50 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Kemudian dia menyebut dari 50 ekor sapi tersebut, terdapat sebanyak 22 ekor yang merupakan pemberian dari umat nonmuslim.

"Kawan-kawan juga memberikan sedekahnya dari nonmuslim, ada memberikan hadiah juga untuk menambah distribusi daging kurban kita. 22 ekor dari sahabat kita dari nonmuslim, ada dari Katedral sapinya besar," terang Nasaruddin.

Sapi kurban dari Gereja Katedral di Istiqlal, 17 Juni 2024. (Kurniawan Fadilah/detikcom)

"Kemudian juga dari Hotel Borobudur itu menyumbang 20 ekor sapi besar-besar, lalu ada dari rekan-rekan kita dari komunitas Tionghoa itu juga memberikan tambahan hewan kurban untuk diberikan ke mereka yang berhak," imbuhnya.

Sapi Ma'ruf Amin di Masjid Istiqlal, 17 Juni 2024. (Kurniawan Fadilah/detikcom) (dnu/dnu)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7394785/sapi-kurban-jokowi-prabowo-gibran-dan-megawati-di-istiqlal-gede-semua
Tokoh













Graph