Tamu VIP IKN Dapat Fasilitas Mobil Listrik, Menhub: Untuk Perayaan HUT RI

  • 16 Juni 2024 23:37:40
  • Views: 5

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mempersiapkan perayan HUT ke 79 RI di IKN, 17 Agustus 2024 mendatang. Salah satunya dalam penyambutan tamu-tamu penting di IKN.

Dalam keterangan terbarunya, ia mengungkapkan renca penyediaan mobil listrik bagi tamu VIP. Untuk itu, pemerintah akan melangsungkan sejumlah simulasinya terlebih dulu.

"Untuk tamu-tamu VIP dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN kita haruskan menggunakan mobil listrik atau electric vehicle (EV). Kita nanti akan lakukan simulasi apakah setiap duta besar negara-negara sahabat diberikan satu mobil listrik atau apakah menggunakan bus listrik ini merupakan domain dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg)," ujar Budi Karya Sumadi di Semarang, Jawa Tengah, sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu, 16 Juni 2024.

Dia melanjutkan, kendaraan di IKN dibagi ke dalam sejumlah kategori dengan fungsi masing-masing. IKN juga menyediakan bus-bus listrik yang memiliki rute mengelilingi tempat-tempat strategis.

"Pertama adalah fungsi dari luar terutama dari Balikpapan ke IKN, kita memiliki fasilitas ride and park dan dari situ kita keliling dengan menggunakan bus atau mobil yang disediakan atau dimiliki oleh para operator swasta untuk menuju tempat-tempat akhir," ucapnya.

"Tetapi juga untuk operator swasta ada Blue Bird, Gojek dan lainnya di mana mereka akan mengisi ruang-ruang komersil yang digunakan secara individu," ujar dia lagi.

Budi Karya menegaskan bahwa rincian terkait tamu merupakan domain Setneg. Meski demikian, Kemenhub telah melaksanakan kajian perencanaan teknis angkutan umum di KIPP tahap 1 dengan mengusulkan 3 rute layanan bus listrik.

Ketiga trayek menghimpun di antaranya rute Park & Ride sampai Masjid Raya dengan total kebutuhan 13 bus medium, rute Park & ride sampai Botanical Garden dengan total kebutuhan armada 7 bus medium, hingga rute Park & ride 1 sampai Park & ride 2 dengan total kebutuhan 21 armada.

Baca Juga: Guru Honorer Demo Tuntut Kejelasan Status, Ketua DPRD Garut: Silakan Nangis yang Bagus

Air, Listrik, hingga Internet Siap di IKN

Ketersediaan akses terhadap air, listrik, gas, dan internet di Ibu Kota Nusantara (IKN) dijanjikan siap sebelum 17 Agustus 2024. Isu IKN kalang kabut terbantahkan oleh pernyataan tersebut.

Kesiapan itu diungkap langsung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga memastikan perpindahan ibu kota bisa segera terwujud.

“Air, listrik, fiber optic (internet), gas, insyaallah (siap 17 Agustus),” ujar dia, di kantor PUPR, Jakarta, dikutip Sabtu, 15 Juni 2024.

Danis menjelaskan, akses terhadap air diprediksi siap pada pertengahan Juli 2024, sekitar pekan ketiga. Dengan demikian kabar IKN sukar air dan belum layak tinggal sudah dapat ditepis.

Dari keterangan Danis, saat ini Kementerian PUPR sedang mempercepat penyelesaian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk kebutuhan air minum di IKN dengan target penyelesaian pada Juli 2024.

Bahkan, demi memenuhi kebutuhan air baku di kawasan IKN Nusantara, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berkapasitas 2.500 liter per detik, dan Intake Sungai Sepaku yang berkapasitas 3.000 liter per detik.

“Agustus listrik sudah masuk, internet (juga) Agustus,” ujar Danis.

Adapun terkait jaringan gas, proses pemasangan kini sedang dimulai. Danis melanjutkan, “kemarin saya ketemu langsung dengan tim gasnya, jaringan gasnya." ***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018217403/tamu-vip-ikn-dapat-fasilitas-mobil-listrik-menhub-untuk-perayaan-hut-ri?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Budi Karya Sumadi,
companies Blue Bird, Gojek,
ministries DPRD, Kemenhub, Kementerian Sekretariat Negara,
ngos KIPP,
topics Listrik,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Garut, Semarang,
transportations mobil listrik,