Masjid Sunda Kelapa Sembelih 10 Sapi-27 Kambing Besok, Ada dari Ma'ruf Amin

  • 16 Juni 2024 14:02:31
  • Views: 6

Jakarta -

Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, menyiapkan puluhan ekor hewan kurban untuk disembelih di Hari Raya Idul Adha 2024 besok. Ada sapi dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Wakil Sekretaris Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa, Pudji Astuti, mengatakan dalam pelaksanaan Idul Adha tahun ini pihaknya menerima sumbangan hewan kurban berupa sapi dan kambing dari berbagai pihak. Termasuk dari Ma'ruf Amin, KSAL Laksamana Muhammad Ali, hingga Chairman and Founder CT Corp Chairul Tanjung (CT).

"Untuk hewan kurban itu dari jamaah, lalu juga ada dari Wapres kemudian dari KSAL, ada juga dari Chairul Tanjung," kata Pudji kepada wartawan, Minggu (16/6/2024).

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Total ada 10 sapi dan 27 kambing, untuk Wapres sumbang 1 ekor sapi dengan berat 900 kilo, untuk KSAL sumbang 2 ekor sapi, beratnya ada 500 dan 600 kilo, Pak Chairul Tanjung kirim satu sapi beratnya 600 kilo. Jadi yang dikirim itu jenis-jenis sapi premium limosin," sambungnya.

Pudji menjelaskan hewan kurban itu nantinya akan didistribusikan kepada pihak internal dan eksternal Masjid Agung Sunda Kelapa. Di antaranya warga sekitar masjid hingga yayasan dan rumah yatim.

"Eksternal itu kepada duafa sekitar Masjid Agung Sunda Kelapa, kemudian juga dari proposal yang masuk seperti ke yayasan dan rumah yatim. Kita tidak menggunakan kupon, kalau yang sudah terdata itu langsung kita bagikan ke mereka, tetapi biasanya ada warga yang hari itu datang on the spot biasanya kita kumpulkan dan kita bagikan," jelasnya.

Dia memprediksi jumlah jemaah yang mengikuti Salat Id di Masjid Agung Sunda Kelapa bakal mencapai ribuan orang. Sebab tidak ada perbedaan dalam pelaksanaan Idul Adha tahun ini.

"Untuk jamaah mungkin bisa sampai 1.000, karena biasanya sampai di jalan-jalan seperti di Jalan Madiun, karena Salat Id-nya bersamaan kemungkinan besar jemaahnya juga banyak," ujarnya.

Lebih lanjut, Pudji menyampaikan pelaksanaan Salat Idul Adha akan dimulai besok pukul 06.30 WIB. Adapun yang akan menjadi khatib adalah Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, Prof Sukron Kamil.

"Khatib salat Idul Adha nanti oleh Prof Dr H Sukron Kamil MA, beliau ini guru besar dari UIN Syarif Hidayatullah kami sudah siapkan dan khutbah beliau juga sudah kami cetak untuk jemaah. Untuk imamnya dari Masjid Agung Sunda Kelapa yaitu Syekh Essam Al Mizjaji. Salat dimulai lebih awal, insyaallah pukul 06.30 WIB, itu MC sudah naik untuk memulai kegiatan salat," imbuhnya.

Simak juga 'Irfan Hakim Bakal Deep Talk dengan Sapinya Sebelum Dikurbankan':

[-]

(fas/fas)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7393767/masjid-sunda-kelapa-sembelih-10-sapi-27-kambing-besok-ada-dari-maruf-amin
Tokoh









Graph