Isu IKN 'Kalang Kabut' Hoaks? Negara Janji Air hingga Listrik Siap Sebelum 17 Agustus 2024

  • 16 Juni 2024 00:15:48
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - Ketersediaan akses terhadap air, listrik, gas, dan internet di Ibu Kota Nusantara (IKN) dijanjikan siap sebelum 17 Agustus 2024. Isu IKN kalang kabut terbantahkan oleh pernyataan tersebut.

Kesiapan itu diungkap langsung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga memastikan perpindahan ibu kota bisa segera terwujud.

“Air, listrik, fiber optic (internet), gas, insyaallah (siap 17 Agustus),” ujar dia, di kantor PUPR, Jakarta, dikutip Sabtu, 15 Juni 2024.

Danis menjelaskan, akses terhadap air diprediksi siap pada pertengahan Juli 2024, sekitar pekan ketiga. Dengan demikian kabar IKN sukar air dan belum layak tinggal sudah dapat ditepis.

Dari keterangan Danis, saat ini Kementerian PUPR sedang mempercepat penyelesaian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk kebutuhan air minum di IKN dengan target penyelesaian pada Juli 2024.

Bahkan, demi memenuhi kebutuhan air baku di kawasan IKN Nusantara, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berkapasitas 2.500 liter per detik, dan Intake Sungai Sepaku yang berkapasitas 3.000 liter per detik.

“Agustus listrik sudah masuk, internet (juga) Agustus,” ujar Danis.

Adapun terkait jaringan gas, proses pemasangan kini sedang dimulai. Danis melanjutkan, “kemarin saya ketemu langsung dengan tim gasnya, jaringan gasnya."

Baca Juga: Rp5 Triliun Uang Judi Online RI Dilarikan ke Thailand hingga Kamboja, kata PPATK

Menteri PUPR Tepis Keraguan DPR Soal IKN

DPR RI meragukan kesiapan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur untuk dipakai saat peringatan dan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Agustus 2024 mendatang. Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono menepis keraguan tersebut.

Pasalnya, ia yakin kesiapan IKN sudah matang jelang upacara peringatan nanti. Penegasan tersebut diungkapkannya saat melakukan rapat dengan Komisi V DPR RI, Kamis, 6 Juni 2024.

Pertanyaan yang meragukan itu berasal dari Anggota DPR dari Fraksi PDIP Sri Rahayu. Ia meminta jajaran Kementerian PUPR menyampaikan data dan gambaran perkembangan paling akurat soal IKN.

Pemerintah sejak lama menyatakan keyakinan IKN terbangun sesuai target dan siap pakai dalam waktu dekat. Namun, menurutnya, gambaran di lini masa dan media seperti menegasikan itu semua.

Menanggapi hal itu, usai rapat, Basuki mengungkapkan kesiapan IKN untuk gelaran upacara 17 Agustus. Meski IKN belum 100 persen terbangun, ia memastikan persiapan untuk acara peringatan kemerdekaan RI itu setidaknya sudah mencapai 90 persen.

"Sudah dicek satu per satu oleh Bapak Presiden (Joko Widodo) lokasinya, tata urutnya, satu-satu dicek karena scenario Pak Sutradaranya itu Pak Wishnutama dengan Pak Setneg. Jadi semua sudah siap panggungnya kayak apa, tendanya kayak apa supaya kelihatan Istana dan Kantor Presiden, gimana tata urutannya insyaallah sudah siap," ujar Basuki, dikutip Jumat, 7 Juni 2024.

Di kesempatan serupa, ia juga menjelaskan bahwa kawasan Istana Presiden yang meliputi istana, kantor kepresidenan, dan lapangan progresnya sudah 89,9 persen. Bahkan, lapangan upacara di sana sekarang sudah memakai rumput asli.

"Gedung Istana Negara dan lapangan upacara (progresnya) 69 persen dan kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) progres 64 persen. Semua ini kami harapkan bisa berfungsi pada bulan Juli 2024 ini," tutur dia. ***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018214218/isu-ikn-kalang-kabut-hoaks-negara-janji-air-hingga-listrik-siap-sebelum-17-agustus-2024?page=all
Tokoh







Graph