Membanggakan, SMP Islam Amalina Raih 3 Penghargaan di Kompetisi Ilmuwan Muda ASEAN 2024

  • 15 Juni 2024 17:15:04
  • Views: 6

JAKARTA, iNews.id - SMP Islam Amalina, Kota Tangerang Selatan, Banten meraih prestasi di ajang kompetisi ilmuwan muda se-ASEAN yang digelar di Penang, Malaysia 10-14 Juni 2024. Event dua tahunan yang dikenal dengan sebutan Search of SEAMEO Young Scientist (SSYS) 2024 ini diikuti 116 finalis.

Para finalis berasal dari sekolah menengah SMP, SMK dan SMA dari negara anggota SEAMEO seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. 

Baca Juga

Bangga! Media Nusantara Citra Raih Penghargaan Kategori Media Hiburan dan Film dari Bisnis Indonesia Awards

Indonesia salah satu negara yang tergabung dalam SEAMEO RECSAM (The Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Centre for Education in Science and Mathematics). Organisasi regional ini fokus melakukan pelatihan, penelitian, dan pengembangan dalam pendidikan sains, matematika, dan teknologi tingkat pendidikan dasar dan menengah di negara-negara anggota ASEAN.

The 13th Congress Regional SSYS 2024 mengusung tema "Youth for One Health through STEM innovations" diikuti oleh 500 partisipan yang terdiri atas siswa sekolah menengah, guru dan pengamat. Selain SMP Islam Amalina, sejumlah sekolah di Indonesia juga mengirimkan finalisnya, di antaranya SMA Negeri 8 Yogyakarta, SMPN 1 Ketungau Tengah, SMA Semesta Semarang, SMP UMP, SMK Negeri Kendit, SMA Negeri 1 Situbondo, dan SMK Ibrahimy 1 Sukorejo, 

Baca Juga

Pagelaran Harmoni Negeriku Jayalah Bangsaku SMP Islam Al-Azhar BSD

SMP Islam Amalina mengirimkan tiga tim yang mengajukan tiga proyek penelitian masing masing di ajang SSYS tersebut. Mereka adalah Magani Asha Bella, Aisya Zahra Salsabila, Sonia Larasati dan Kayla Alika Ilmi yang mengajukan penelitian tentang Robot Pengukur Kualitas Air.

Kemudian Danial Kenzie Nirwasita, Najma Yasfin Faranuha, Putri Sarisha Casimira Hanan, dan Wihikan Wijnyanajati mengusung penelitian Pengusir Nyamuk Herbal. Sedangkan Mahan Farhani Isdinantoro, Keanu Putra Wahyudi, Keanu Athalah Akira dan Muhammad Satrio Nugroho mengajukan penelitian soal Minuman Herbal dari Biji Pepaya. 

Panitia SSYS telah menyeleksi ratusan proyek penelitian dari berbagai negara SEAMEO dan 116 finalis diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian di depan dewan juri yang terdiri dari para pakar di bidang Sains, Teknologi, Enginering dan Matematika (STEM).

Proyek penelitian Robot Pengukur Kualitas Air dari SMP Islam Amalina berhasil mendapatkan tiga penghargaan sekaligus. Yakni Special Award for Educational Contribution, Special Award for Commercial Potential dan Special Award for Applications for STEM Concept.  

“Alhamdulillah kami bersyukur dan sangat bangga atas keberhasilan tiga tim SMP Islam Amalina yang masuk final dan juga pencapaian yang luar biasa dimana salah satu tim berhasil mendapatkan 3 Awards di SSYS 2024. Ini adalah bukti nyata dari dedikasi, kerja keras dan kecerdasan para siswa kami dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan,” ujar Kepala SMP Islam Amalina Fendra Kusnuryadi.

Fendra mengatakan, prestasi ini merupakan cerminan dari komitmen SMP Islam Amalina untuk memupuk bakat dan potensi setiap siswa-siswa di bidang sains dan teknologi. Keberhasilan yang diraih oleh tim SMP Islam Amalina ini juga memperkuat posisi sebagai peserta yang diperhitungkan dalam kancah internasional.

Sebelumnya pada 2014, 2016 dan 2018, sekolah ini juga berhasil meloloskan para finalisnya di Penang. Event SSYS sempat ditiadakan pada 2020 dan 2022 karena dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Pada  SSYS 2014, SMP Islam Amalina juga berhasil mendapatkan penghargaan special award.

Editor : Reza Fajri


Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/membanggakan-smp-islam-amalina-raih-3-penghargaan-di-kompetisi-ilmuwan-muda-asean-2024
Tokoh

Graph