BMKG Keluarkan Peringatan Dini: Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang di Berbagai Kota Besar Indonesia

  • 15 Juni 2024 17:22:20
  • Views: 8

FAJAR.CO.ID, JAKARTA, - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah kota besar di Indonesia pada Sabtu.

Dalam laman resminya, BMKG menyebutkan beberapa kota besar yang diprakirakan mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang antara lain Medan, Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, Jambi, Bengkulu, Palembang, Pangkal Pinang, Serang, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Gorontalo, dan Ambon.

Selain itu, hujan ringan hingga sedang diprediksi akan turun di beberapa kota besar lainnya seperti Bandarlampung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Tanjung Selor, Palangkaraya, Manado, Palu, Kendari, Mamuju, Ternate, Manokwari, dan Jayapura.

Sementara itu, kota-kota besar seperti Banda Aceh, Mataram, Denpasar, Kupang, Samarinda, dan Makassar diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan sepanjang hari ini.

Secara khusus, untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprediksi seluruh wilayah akan berawan tebal pada pagi hari. Kondisi akan berubah menjadi cerah berawan pada siang hari, dan diakhiri dengan hujan ringan hingga sedang pada malam hari.

BMKG juga mengimbau masyarakat di beberapa wilayah dengan kategori sangat mudah terbakar, antara lain sebagian kecil Aceh, Riau, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua Selatan.

Selain itu, BMKG memperkirakan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia umumnya berada di kisaran 0,5 hingga 2,5 meter. BMKG juga memberikan himbauan waspada terhadap potensi banjir rob di wilayah pesisir utara Jawa Tengah.(*)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/06/15/bmkg-keluarkan-peringatan-dini-hujan-lebat-disertai-petir-dan-angin-kencang-di-berbagai-kota-besar-indonesia/?page=all
Tokoh

Graph