Ini Sukolilo! Letak Lokasi hingga SDM Penduduknya

  • 15 Juni 2024 16:11:48
  • Views: 5

Jakarta -

Wilayah Sukolilo di Pati, Jawa Tengah sempat jadi sorotan terkait kasus pengeroyokan rombongan bos rental mobil asal Jakarta yang dikira maling. Aksi pengeroyokan tersebut menewaskan satu orang berinisial BH (52) yang merupakan bos rental.

Sukolilo juga sempat dinarasikan sebagai sarang bandit penadah mobil bodong. Kini, polisi telah mengamankan total 33 motor dan enam mobil bodong di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Kegiatan yang dilakukan pada Rabu (12/6/2024) tersebut merupakan tindak lanjut adanya informasi di Sukolilo banyak kendaraan bodong. Kemudian ditemukan 33 motor dan enam mobil yang memang tanpa dokumen lengkap.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tersebar di medsos wilayah tersebut banyak kendaraan tidak lengkap. Upaya pencarian dan pengecekan di beberapa rumah dan 'showroom'. Ada 33 kendaraan roda dua dan enam mobil," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Satake Bayu di kantornya, dilansir detikJateng, Jumat (14/6/2024).

Terlepas dari semua itu, mari mengetahui gambaran umum soal Sukolilo, wilayah yang sampai sekarang masih disorot warganet dan tadi pagi masih menjadi trending topic di media sosial X.

Berikut informasi singkat tentang wilayah Sukolilo, meliputi informasi soal lokasi hingga Sumber Daya Manusia (SDM) jumlah penduduknya.

Mengenal Wilayah Sukolilo

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati, Kecamatan Sukolilo terletak di ujung selatan dari Kabupaten Pati yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Grobogan. Berikut data-data singkat wilayah Sukolilo.

1. Batas Wilayah

Berikut ini adalah batas wilayah Kecamatan Sukolilo.

Sebelah Utara: Kecamatan KayenSebelah Timur: Kabupaten GroboganSebelah Selatan: Kabupaten GroboganSebelah Barat: Kabupaten Kudus

2. Desa di Kecamatan Sukolilo

Secara administrasi, Kecamatan Sukolilo terdiri dari 16 Desa. Ini daftarnya.

BeleadiBaturejoCengkalsewuGaduderoKasiyanKedumulyoKedungwinongKuwawurPakemPorang ParingPrawotoSukoliloSumbersokoTompegunungWegilWotan.Peta Kecamatan Sukolilo (Foto: BPS Kabupaten Pati)

3. Penduduk dan SDM

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pati per tahun 2022, jumlah penduduk Kecamatan Sukolilo adalah 94.404, dengan jumlah penduduk laki-laki sebesar 47.191 dan perempuan 47.213.

Di halaman 26 'Sukolilo dalam Angka 2023' rilisan BPS ini, angkanya berbeda meski sama-sama data 2022. Jumlah total penduduk Sukolilo 91.158 orang, terdiri dari 45.593 laki-laki dan 45.565 perempuan.

Kebanyakan penduduknya adalah berusia 20 sampai 44 tahun alias kebanyakan penduduknya tergolong usia muda/produktif. Paling banyak, penduduknya ada di golongan usia 30-34 tahun dengan jumlah 7.712 orang.

Soal Sumber Daya Manusia (SDM) alias 'human resources' penduduk di Sukolilo, BPS mencantumkannya di halaman 17 dalam laporan 'Sukolilo dalam Angka Tahun 2023' ini. Namun sayangnya, data yang disajikan hanya terbatas pada jumlah PNS menurut Pemda dan Jenis Kelamin tahun 2022.

Jumlah PNS Pemda Kabupaten Pati di sini berjumlah 8.837 orang, terdiri dari 3.698 laki-laki dan 5.138 perempuan. Jumlah PNS di Pemda Kecamatan ada 16 orang, terdiri dari 13 laki-laki dan 3 perempuan. Jumlah 16 orang PNS di Kecamatan Sukolilo itu terdiri dari 7 orang lulusan SMA, 7 orang sarjana, dan 2 orang pasca-sarjana.

Jumlah sekolah di Kecamatan Sukolilo, ada 3 Madrasah Aliyah dengan total 840 murid, 2 SMK dengan total 362 murid, 1 SMA dengan total 106 murid, 4 MTs dengan total 1.000 murid, 8 SMP dengan total 1.864 murid, 16 MI dengan total 2.237 murid, 40 SD dengan total 5.582 murid, 13 Raudatul Athfal dengan total 582 murid, dan 25 TK dengan total 1.280 murid.

4. Produksi Pertanian di Sukolilo

BPS juga menginformasikan produksi tanaman sayuran dan buah-buahan di Kecamatan Sukolilo. Berikut datanya menurut Dinas Pertanian Kabupaten Pati.

- Produksi Semusim:

Bawang MerahCabai BesarCabai RawitKentangKubisJamur TiramMelonSemangkaTerungTomat

- Produksi Tanaman Biomarfaka:

JaheKencurKunyitLaosJeruk NipisSerai

- Produksi Tahunan:

AlpukatBelimbingDurianJambu AirJambu BijiJengkolJeruk BesarJeruk Siam/KeprokManggaMelinjoNangkaPepayaPetaiPisangRambutanSawoSukun.

- Lainnya:

JagungKacang TanahKedelaiPadi SawahPadi LadangUbi JayuUbi Jakar

5. Sarana Bangunan

Berikut data sarana lembaga keuangan dan sarana perdagangan di Kecamatan Sukolilo.

- Sarana Lembaga Keuangan Bank dan Koperasi

Koperasi Industri Kecil dan Kerajinan Rakyat (Kopinkra)Koperasi Unit Desa (KUD)Bank Perkreditan Rakyat (BPR)Bank Umum SwastaBank Umum Pemerintah

- Sarana Perdagangan

RestoranMinimarketPasar tanpa bangunanPasar dengan bangunan semi permanenPasar dengan bangunan permanenKelompok pertokoan. (kny/dnu)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7392730/ini-sukolilo-letak-lokasi-hingga-sdm-penduduknya
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BPS, Polisi,
topics BOS,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Kudus, Pati,
cases Maling,