Anies Siap Maju Pilgub Jakarta, Apa Kriteria Cawagub yang Tepat untuknya?

  • 15 Juni 2024 08:35:36
  • Views: 5

Jakarta -

Anies Baswedan menerima dukungan dari PKB untuk maju di Pilgub Jakarta 2024. Lantas seperti apa kriteria cawagub untuk mendampingi Anies agar kembali menang di Jakarta?

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno memberikan analisisnya terkait kriteria cawagub yang cocok untuk mendampingi Anies. Menurut Adi, Anies perlu mencari sosok yang dapat menutupi kekurangannya.

"Saya kira untuk cawagub Anies itu kuncinya satu, pertama dia itu harus bisa menutup segala kelemahan dan kekurangan yang harus dimiliki Anies. Itu satu-satunya kunci yang kemudian harus menjadi kriteria," kata Adi, saat dihubungi, Jumat (14/6/2024).

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cawagub Anies dinilai perlu memiliki magnet elektoral. Sehingga menurutnya kekurangan Anies dapat tertutupi.

"Di mana cawagubnya Anies itu adalah mereka yang memiliki magnet elektoral sehingga kelemahan dan kekurangan Anies itu bisa ditutup," tuturnya.

Selanjutnya menurut Adi, cawagub Anies harus bisa menyatukan partai-partai untuk memberikan dukungan ke Anies. Sebab, menurutnya, Anies tidak cukup syarat untuk maju bila hanya didukung oleh PKB.

"Kalau mau ditambahkan sebenarnya cawagubnya itu adalah dia yang kemudian bisa menyatukan begitu banyak dukungan partai politik, karena Anies kan tidak cukup kalau hanya maju dari PKB. Butuh partai lain, misalnya seperti PKS, PDIP, seperti NasDem atau partai lain yang tertarik mengusung Anies," kata Adi.

"Oleh karena itu cawagub Anies ini adalah bisa merekatkan partai-partai politik di luar pendukung Prabowo-Gibran untuk bisa menyatu memenangkan pertarungan, saya kira di situ kuncinya, tidak ada pilihan lagi," sambungnya.

Anies Bersiap ke Periode 2

Diketahui DPW PKB DKI Jakarta resmi mendukung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta. Anies menerima dukungan itu dan menyatakan siap untuk melanjutkan kepemimpinan di Jakarta untuk periode yang kedua.

"Jadi saya menerima, menerima kepercayaan dari PKB. Karena itu saya sampaikan bismillah kami bersiap untuk meneruskan ke periode kedua," kata Anies di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (14/6).

"Semuanya saya selalu sampaikan teman-teman, seperti kebiasaan dulu saya di Jakarta, sesudah selesai baru saya umumkan, sudah selesai baru sampaikan," lanjutnya.

Anies mengaku akan berfokus melanjutkan program-program yang dirasa sudah baik di eranya. Seperti halnya, kata dia, menjaga stabilitas harga bahan pokok.

"Melanjutkan dan meningkatkan hal-hal yang kemarin sudah dipandang baik. Sehingga rakyat Jakarta merasakan kesetaraan kesempatan, supaya bisa hidup lebih sejahtera. Misalnya, kebutuhan pokok yang terjangkau," katanya.

(dwia/jbr)
Sumber: https://news.detik.com/pemilu/d-7392147/anies-siap-maju-pilgub-jakarta-apa-kriteria-cawagub-yang-tepat-untuknya
Tokoh









Graph