Momen Joe Biden Linglung Bikin Heboh, Gedung Putih Buka Suara

  • 15 Juni 2024 08:39:35
  • Views: 3

Jakarta, CNBC Indonesia - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tampak 'linglung' di tengah rangkaian acara G7 Summit di Italia.

Dalam video yang tersebar melalui media sosial X, Joe Biden bersama beberapa petinggi negara lain tengah menyaksikan demonstrasi terjun payung (skydiving).

-

-

Namun, Joe Biden malah tampak salah fokus dan kebingungan. Hal ini mengundang berbagai komentar di media sosial. Banyak netizen yang mempertanyakan kredibilitas Joe Biden sebagai pemimin AS dan kandidat presiden selanjutnya dari Demokrat.

[Gambas:Twitter]

Bahkan, banyak media asing yang turut memberitakan momen tersebut. New York Post mengunggah kembali videonya dengan pesan 'Presiden Joe Biden tampak kebingungan di G7 Summit Italia, beberapa petugas negara harus menariknya untuk kembali fokus'.

Hal ini langsung direspons Gedung Putih. Juru bicara Andrew Bates menuduh video yang diunggah New York Post dan beberapa yang beredar di media sosial tak lengkap.

Video itu seakan memotong bagian Joe Biden yang tampak berbalik ke arah lain. Padahal, kata Bates, Joe Biden sedang berbicara dan mengucapkan selamat ke penerjun payung lainnya.

"Gerai Murdoch [pemilik New York Post] sangat ingin mengalihkan perhatian dari rekor @POTUS sehingga mereka berbohong," kata Bates dalam akun X personalnya, sembari membagikan video lengkap.

[Gambas:Twitter]

Direktur Komunikasi Gedung Putih Ben LaBolt juga turut buka suara dengan kehebohan video Joe Biden 'linglung' yang beredar di beberapa outlet media.

"Hati-hati dengan banyaknya informasi palsu yang murahan. Waspada dengan aktor-aktor di baliknya," kata dia.

Sebelumnya, Joe Biden juga diduga pikun dalam penanganannya terhadap materi yang sangat rahasia, hingga diinvestigasi selama setahun oleh penasihat khusus Robert Hur.

Dalam laporan Departemen Kehakiman AS, diduga Joe Biden melakukan penyimpanan yang tidak tepat atas dokumen-dokumen yang sangat rahasia sejak ia menjadi senator dan wakil presiden Barack Obama.

Hur, seorang Republikan, menemukan bahwa Biden "dengan sengaja" menyimpan dan mengungkapkan materi tersebut, termasuk dokumen tentang militer dan kebijakan luar negeri di Afghanistan. Laporan tersebut mencakup foto-foto dokumen di dalam kotak karton yang rusak di garasi rumahnya di Delaware.

Namun salah satu alasan yang dikemukakan Hur untuk tidak mengajukan tuntutan adalah kekhawatiran bahwa para juri tidak akan percaya bahwa Biden dengan sengaja menyimpan dokumen-dokumen tersebut.

Penasihat khusus tersebut secara eksplisit merujuk pada ingatan pria berusia 81 tahun yang "sangat terbatas" - yang menjadi topik hangat dalam pemilu tahun ini - termasuk ketidakmampuannya mengingat tahun berapa putranya Beau meninggal.


[-]

(fab/fab)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240615071913-4-546837/momen-joe-biden-linglung-bikin-heboh-gedung-putih-buka-suara
Tokoh





Graph

Extracted

persons Barack Obama, Joe Biden,
companies Twitter,
parties Demokrat,
fasums Gedung Putih,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Italia,
places DKI Jakarta,
cities New York,