Dosen Universitas Brawijaya Dilaporkan Hilang Kontak Secara Misterius Selama Dua Minggu

  • 14 Juni 2024 22:27:58
  • Views: 2

MALANG - Dosen Universitas Brawijaya (UB) Malang hilang kontak secara misterius selama kurang lebih dua pekan. Pihak keluarga dan warga sekitar tempat tinggalnya pun dilaporkan telah berusaha mencari keberadaannya pria bernama Habibi Subandi.

Informasi hilangnya pria bernama Habibi Subandi, salah satu dosen Universitas Brawijaya Malang ini tersebar melalui pamflet informasi. Pamflet itu dibuat oleh pihak keluarga dan disebarkan untuk mengetahui keberadaan Habibi Subandi.

Pada informasi itu tertuliskan bahwa Habibi Subandi hilang kontak sejak 3 Juni 2024. Di informasi itu juga dituliskan ciri-ciri fisik Habibi yang berusia kurang lebih 40 tahun, rambut ikal, tinggi sekitar 170 sentimeter, dan perawakan tubuh agak gemuk.

Helmiyah, selaku keluarganya mengaku bila kehilangan kontak dengan Habibi Subandi, adik kandungnya sejak awal Juni 2024. Pihak keluarga mengaku terakhir kali berkomunikasi dengan Habibi sejak 18 Mei 2024, sebelum dinyatakan hilang kontak sejak 3 Juni 22l025

"Mulai tanggal tersebut kami tidak bisa komunikasi dengan Pak Habibi. Kalau tanggal 18 Mei itu kami masih komunikasi, masih direspon. Sekarang nomor handphone-nya sudah tidak aktif mulai tanggal 3 Juni, sampai sekarang," ucap Helmiyah, dikonfirmasi pada Jumat sore (14/6/2024).

Ia menambahkan, bila adiknya itu tinggal sendiri di Perumahan Pandanwangi Royal Park Jalan Simpang Sulfat Utara, usai berpisah dengan istrinya sekitar 1,5 tahun lalu. Namun ia tak tahu pasti aktivitasnya, karena tinggal berbeda wilayah.

"Kami sudah koordinasi dengan mantan istrinya juga tidak ada. (Keluar kemana) kami kurang tahu, karena kami juga posisinya di Probolinggo," ujarnya.

Sementara itu, Taufik selaku Ketua RT 20 membenarkan satu warganya yang dilaporkan hilang kontak. Ia menyebut, warga bernama Habibi Subandi itu hilang kontak sejak awal Juni 2024.

"Perkiraan sekitar segitu (tanggal 3 Juni 2024), soalnya terakhir ketemu saya waktu acara akikah di tetangga depan rumahnya Pak Habibi," ucap Taufik ditemui terpisah.

Dirinya pun membenarkan, bila Habibi Subandi tercatat masih aktif mengajar di Universitas Brawijaya (UB). Namun mengenai aktivitas sehari-harinya, Taufik tak tahu menahu karena ia dan Habibi Subandi tinggalnya beda blok.

"Kalau pak Habibi setahu saya ngajar di FISIP UB, tapi aktivitasnya sehari-hari gimana kurang tahu. Rumah beliau di belakang saya, beda blok," ucap dia kembali.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di sisi lain, Robi selaku sekuriti tempat tinggal mengatakan, ia terakhir kali melihat Habibi Subandi keluar dari rumahnya pada awal Juni 2024. Saat itu selang beberapa hari pasca kegiatan akikah di rumah depan Habibi Subandi.

"Terakhir ketemu ya habis akikah itu, keluar tapi dia mutar nggak lewat pos sini. Jalannya mutar lewat perumahan sebelah kan bisa tembus. Cuma memang kelihatan naik motor matic itu," kata Robi.

Sejauh ini, di rumah dosen Universitas Brawijaya itu juga tidak terpantau aktivitas apapun. Menurutnya, jarang ada tamu atau orang yang datang ke rumahnya. Hal ini menepis dugaan adanya jeratan pinjaman online (pinjol) ilegal yang membuatnya kabur.

"Kalau orang yang mencurigakan sih nggak ada, jarang yang ke rumah. Terakhir itu empat hari lalu itu temannya dari kampus tanya, memastikan kondisinya tapi nggak ada orangnya di rumah, kalau kemarin itu saudaranya juga ke rumah tapi tak suruh ke Pak RT dulu kalau ndobrak rumah memastikan kondisi di rumahnya," jelasnya.

Pihak kampus baik dari Program Studi Ilmu Politik, fakultas, dan pihak rektorat tempat Habibi mengajar sendiri sejauh ini belum bisa dimintai keterangan.

Pantauan di rumahnya di kawasan perumahan Jalan Simpang Sulfat Utara, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jumat sore (14/6/2024) suasana rumah sepi dan tak ada aktivitas. Tampak hanya sebuah sepatu yang tergeletak di rak sepatu depan rumah.

Rumah juga terlihat lebih lusuh dan terawat. Beberapa tanaman sudah tumbuh merambat tinggi, dengan posisi lampu mati.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/06/14/519/3021760/dosen-universitas-brawijaya-dilaporkan-hilang-kontak-secara-misterius-selama-dua-minggu
Tokoh



Graph

Extracted

persons Subandi,
companies Google, WhatsApp,
institutions Universitas Brawijaya,
products Pinjol,
places JAWA TIMUR,
cities Malang, Probolinggo,