Bukan Meledak, PT IMIP Ungkap Kronologi di Smelter PT ITSS Morowali

  • 14 Juni 2024 21:52:48
  • Views: 3

Jakarta, CNBC Indonesia - PT IMIP, Morowali akhirnya buka suara atas adanya insiden kecelakaan kerja di salah satu tenant di Kawasan Industri Indonesia Worowali Industrial Park (IMIP) pada Kamis (13/6/2024).

Manager Media Relations PT IMIP Dedy Kurniawan membenarkan atas kejadian kecelakaan kerja tersebut. Namun, dirinya membantah bahwa kecelakaan diakibatkan karena ledakan di tungku smelter PT ITSS.

"Itu benar. Namun sekali lagi kami tegaskan bahwa itu terjadi bukan karena ledakan, melainkan semburan uap panas ketika karyawan melakukan pembersihan terak baja yang terdapat di lantai pabrik," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima, Jumat (14/6/2024).

-

-

Menurut Dedy, kejadian itu berawal ketika sejumlah karyawan sedang melakukan pembersihan lantai pabrik dari ceceran terak baja. Untuk mempermudah proses pembersihan, dilakukan pemotongan terak baja tersebut.

Usai dipotong, tiba-tiba salah seorang karyawan menyiram air pada terak baja yang baru saja dipotong dengan maksud untuk mempercepat proses pendinginan. Akibatnya, terjadi semburan uap panas dan mengenai dua orang karyawan.

Kedua karyawan yang terluka saat ini sudah mendapat perawatan di RSUD Bungku dan kondisi kedua korban dalam keadaan sadar. Saat ini, penanganan yang dilakukan oleh pihak tim Safety IMIP adalah melakukan investigasi kecelakaan kerja di tempat tersebut.

Menteri ESDM Arifin Tasrif buka suara atas insiden tersebut, ia mengatakan pihaknya akan melakukan kunjungan ke Morowali untuk mengetahui penyebab insiden ledakan. Meski demikian, karena PT ITSS merupakan Izin Usaha Industri (IUI), maka pengawasannya berada di bawah Kementerian Perindustrian.

"Makanya mau dilihat, mau ditinjau lagi apa penyebabnya. Harusnya di Kementerian Perindustrian," ujar Arifin saat ditemui di Kantor Ditjen Migas Kementerian ESDM, Jumat (14/6/2024).


[-]

-

Ada Kabel Terbakar di Smelter PT SMI Morowali, Begini Kondisinya
(pgr/pgr)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240614134014-4-546678/bukan-meledak-pt-imip-ungkap-kronologi-di-smelter-pt-itss-morowali
Tokoh





Graph

Extracted

persons Arifin, Arifin Tasrif,
ministries kemenperin, Kementerian ESDM,
products smelter,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, SULAWESI TENGAH,
cities Morowali,
cases kecelakaan,