BPOM Didorong Perketat Pengawasan Produk Konsumsi

  • 14 Juni 2024 21:29:29
  • Views: 1

Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) didorong memperketat pengawasan terhadap produk konsumsi. Khususnya, terkait komposisi dalam produk yang dikonsumsi masyarakat banyak. "Bahwa suatu produk ini aman atau tidak," kata Dokter Gizi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Louisa Ariantje Langi, dikutip dari Antara, Jumat, 14 Juni 2024. Dorongan disampaikan Louisa terkait pengawasan terhadap seluruh produk konsumsi. Terutama, produk yang mengandung senyawa dengan batas toleransi tertentu. ?Louisa membeberkan salah satu contoh, yakni kandungan bromida dalam air bersih. Menurut dia, perlu ada perhatian khusus dari BPOM terkait kandungan ini. "Kalau melebihi batas seharusnya tidak boleh beredar," kata dia.   Senada, Peneliti Pusat Riset Sumberdaya Geologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Rizka Maria menyebut perlu pengawasan terhadap kandungan senyawa terkait. Khususnya, memastikan kadar senyawa tak berlebihan. "Supaua tak terdapat efek kesehatan yang lebih parah," kata Rizka. Menurut dia, ada efek yang muncul ketika senyawa terkait dikonsumsi manusia. Hal tersebut mesti dibeberkan untuk menghindari dampak buruk.

Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) didorong memperketat pengawasan terhadap produk konsumsi. Khususnya, terkait komposisi dalam produk yang dikonsumsi masyarakat banyak.
 
"Bahwa suatu produk ini aman atau tidak," kata Dokter Gizi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Louisa Ariantje Langi, dikutip dari Antara, Jumat, 14 Juni 2024.
 
Dorongan disampaikan Louisa terkait pengawasan terhadap seluruh produk konsumsi. Terutama, produk yang mengandung senyawa dengan batas toleransi tertentu.
?Louisa membeberkan salah satu contoh, yakni kandungan bromida dalam air bersih. Menurut dia, perlu ada perhatian khusus dari BPOM terkait kandungan ini.
 
"Kalau melebihi batas seharusnya tidak boleh beredar," kata dia.
 
Senada, Peneliti Pusat Riset Sumberdaya Geologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Rizka Maria menyebut perlu pengawasan terhadap kandungan senyawa terkait. Khususnya, memastikan kadar senyawa tak berlebihan.
 
"Supaua tak terdapat efek kesehatan yang lebih parah," kata Rizka.
 
Menurut dia, ada efek yang muncul ketika senyawa terkait dikonsumsi manusia. Hal tersebut mesti dibeberkan untuk menghindari dampak buruk.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ADN)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/1bV93nXN-bpom-didorong-perketat-pengawasan-produk-konsumsi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Uki,
companies Google,
ministries BPOM, BRIN,
institutions Universitas Kristen Indonesia (UKI),
religions Kristen,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,