Jamin Daya Saing, BNSP Sertifikasi CPMI Welder Tujuan Korea Selatan

  • 14 Juni 2024 19:15:20
  • Views: 4

RADARBANGSA.COM - Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) meninjau pelaksanaan uji kompetensi dan sertifikasi juru las atau welder calon pekerja migran Indonesia (CPMI) tujuan Korea Selatan yang dilaksanakan oleh LSP Pekerja Migran Industri Manufaktur di TUK LPK Geweld Batam.

Ketua BNSP Syamsi Hari menyatakan, sertifikasi kompetensi tersebut dilaksanakan selama tiga hari, yaitu 14 - 16 Juni 2024 dan diikuti oleh 149 peserta yang sudah dilatih sebelumnya di LPK Geweld.

"Sertifikat kompetensi yang nantinya didapatkan adalah bentuk pengakuan dan jaminan negara atas kompetensi dan daya saing anda semua pada pekerjaan welder khususnya penempatan negara tujuan Korea Selatan," kata Syamsi di Batam, Jumat (14/6/2024).

Melalui sertifikasi ini Syamsi yakin pengetahuan seluruh CPMI bisa bertambah. Sehingga mereka juga semakin berdaya saing.

"Saya yakin dengan pengalaman dan pelatihan yang telah diikuti peserta semua dapat mengikuti uji kompetensi dengan baik dan semoga kompeten semua dan diterima kerja semua di Korea Selatan," ungkapnya. 

Di tempat yang sama, Direktur PT Pamor Sapta Dharma, Heru menyatakan, peserta yang disertifikasi merupakan CPMI yang direkrut oleh PT Pamor Sapta. Menurut Heru, seluruh peserta sebelumnya telah dilatih dan praktik pada galangan kapal.

"Ini tahap ketiga dan alhamdulillah tahap pertama dan kedua yang sudah tersertifikasi semua sudah ditempatkan sudah bekerja di industri Korea Selatan," ujar Heru.

Sementara itu, Ketua LPK Geweld Batam, Denny Oscar berharap dukungan moril dari semua elemen agar pelaksanaan berjalan lancar dan tertib serta menghasilkan tingkat kelulusan yang tinggi. 

"Penunjukan LPK Geweld Batam sebagai tempat uji kompetensi tentunya menunjukkan pula keberhasilan BNSP didalam membantu dan membuka peluang potensi-potensi anak bangsa untuk berkarya lebih jauh lagi," ungkap Denny.

Diketahui, Ketua BNSP Syamsi Hari hadir didampingi Miftakul Azis, Anggota BNSP yang membidangi Sertifikasi dan membidangi sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Pertambangan dan Penggalian Industri Pengolahan termasuk manufaktur, Pengadaan Listrik, Gas, Uap/Air Panas dan Udara Dingin, dan Sabar dari sekretariat BNSP. 

Sertifikasi kompetensi juga disaksikan langsung oleh Korea Offshore & Shipbuilding Association (KOSHIPA) dan Hyundai Heavy Industries yang merupakan representasi industri tempat penempatan di Korea Selatan.


Sumber: https://www.radarbangsa.com/news/49202/jamin-daya-saing-bnsp-sertifikasi-cpmi-welder-tujuan-korea-selatan
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BNSP,
ngos PMI,
parties Berkarya,
topics Listrik, migran indonesia,
nations Indonesia, Korea Selatan,
places KEPULAUAN RIAU,
brands Hyundai,