Jelang Idul Adha, Pemkot Parepare Pantau Ketersediaan dan Harga Komoditi Pangan di Pasar

  • 14 Juni 2024 15:18:12
  • Views: 5

Jelang Idul Adha, Pemkot Parepare Pantau Ketersediaan dan Harga Komoditi Pangan di Pasar

RAKYATKU.COM, PAREPARE-- Pemerintah Kota Parepare melakukan pemantauan ketersediaan dan harga komoditas pangan di Pasar semi modern Lakessi sebagai sentra perdagangan di Kota Parepare Jumat (14/6/2024).

Pemantauan dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, Muh. Husni Syam, didampingi Asisten II, Kadis Perdagangan, Kadis Ketahanan Pangan, Kabag Ekonomi, perwakilan Bulog, Lurah Lakessi, dan stakeholder lainnya.

Husni Syam mengatakan, pemantauan ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok jelang lebaran Idul Adha, sekaligus mengantisipasi jika ada komoditi yang mengalami kenaikan harga.

Baca Juga : KPU Kota Parepare Gelar Sosialisasi di RSUD Andi Makkasau

"Jelang momentum lebaran, lonjakan permintaan masyarakat sangat tinggi. Karena itu, untuk mengantisipasi kita turun memastikan ketersediaannya dan harga tetap terjangkau," ujarnya.

Menurut Husni, dari hasil pemantauan ditemukan ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, namun tidak signifikan.

"Ada beberapa langkah strategis yang kita lakukan terkait kenaikan tersebut, salah satunya dengan menggelar gerakan pangan murah untuk masyarakat. Hal ini juga sebagai upaya mengendalikan inflasi tetap stabil," ungkapnya.

Baca Juga : Libatkan 1.155 Penari, Pemkot Parepare Andil Pecahkan Rekor Muri

Di tempat sama, Kadis Perdagangan, And Wisnah menjelaskan perkembangan harga barang kebutuhan pokok di Kota Parepare.

"Harga barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan hari ini yaitu cabe merah besar dari Rp.44.300,-/Kg menjadi Rp.48.000,-/Kg atau 8,35%," ujarnya.

"Untuk cabe merah keriting dari Rp.42.700,-/Kg menjadi Rp.47.700,-/Kg atau 11,71%, daging ayam broiler dan Rp.22.700,-/Kg menjadi Rp.23.800,-/Kg atau 4,85%, bawang merah dari Rp.40.000,-/Kg menjadi Rp.41.700,-/Kg atau 4,25%," tambahnya.

Baca Juga : Tanggap Bencana, Pemkot Parepare Gelar Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Rawan Bencana Banjir

Sementara untuk harga barang kebutuhan pokok yang mengalami penurunan hari ini. "Telur ayam ras dari Rp.29.200,-/Kg menjadi Rp.28 050,-/Kg atau 3,94%," jelasnya.


Sumber: https://rakyatku.com/read/230551/jelang-idul-adha-pemkot-parepare-pantau-ketersediaan-dan-harga-komoditi-pangan-di-pasar
Tokoh



Graph

Extracted

persons Andi Makkasau,
ministries KPU,
topics Banjir,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products daging, Telur ayam,
places SULAWESI SELATAN,
cities Parepare,
animals Ayam,
plants Bawang merah, Cabai,