Legislator Minta Wantannas Ambil Sikap soal Salam Lintas Agama

  • 13 Juni 2024 20:25:39
  • Views: 5

Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Golkar Nurul Arifin menyoroti soal salam lintas agama yang belakangan menjadi polemik di publik. Nurul Arifin meminta ada penyataan yang resmi dari lembaga Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) terkait itu selain Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Ini untuk Wantannas Bapak Hutabarat kan kemarin ini kita ribut Pak, ributnya soal isu ada yang tidak boleh mengatakan salam selain agamanya begitu Pak ya. Jadi saya ingin memback up apa yang dikatakan oleh Pak Jazuli, Pak Ketua Fraksi PKS," kata Nurul dalam rapat dengan Lemhanas dan Wantannas, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Nurul mengatakan mesti ada pernyataan resmi terkait salam lintas agama supaya publik tak khawatir. Ia menyinggung Indonesia menjadi negara yang besar dan disegani lantaran perbedaan yang dapat diterima oleh masyarakatnya.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Nah saya berharap ada satu institusi yang sifatnya nasional selain BPIP yang bisa memberikan statement kebangsaan tersebut begitu. Nah statement kebangsaan tersebut bahwa apa salahnya karena kita kan negara pluralis dan majemuk dan justru perbedaan itu membuat bangsa ini menjadi besar dan kuat dan disegani di tatanan global begitu," ungkap Nurul Arifin.

Ia mengatakan pelarangan seperti itu hanya mengkerdilkan sikap menghargai sesama. Ia takut pihak yang tak berani untuk buka suara akhirnya takut dan mengikuti doktrin yang diberikan ke publik.

"Jangan sampai salam-salam itu diatur-atur lah begitu ya, nanti ada yang orang-orang yang kami seperti kami, saya enggak takut dilarang-larang saya tahu apa yang menjadi kepercayaan saya, tapi kan ada orang orang yang takut yang tidak berani dan tunduk pada doktrin tersebut," tutur Nurul.

"Nah yang seperti ini harus dicairkan saya kira lembaga seperti Bapak ini bisa memberikan suatu sikap kebangsaan yang jelas kepada publik dan mengayomi kita kita ini sebagai orang yang nasionalisme," imbuhnya.

(dwr/isa)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7389984/legislator-minta-wantannas-ambil-sikap-soal-salam-lintas-agama
Tokoh





Graph

Extracted

persons Arifin, Nurul Qomaril Arifin,
ministries BPIP, DPR RI, Fraksi Golkar, Fraksi PKS, Komisi I DPR,
parties Golkar, PKS,
fasums Gedung DPR,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Senayan,