Kemlu Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Wapres Malawi Saulos Chilima

  • 12 Juni 2024 20:21:20
  • Views: 4

 

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Wakil Presiden (Wapres) Malawi, Dr. Saulos Klaus Chilima dalam kecelakaan pesawat di Malawi beberapa waktu lalu.

"Pemerintah Indonesia menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Wakil Presiden Malawi the Right Honourable Dr. Saulos Klaus Chilima dan pendamping dalam musibah kecelakaan pesawat di Malawi," cuit laman X @Kemlu_RI dikutip, Rabu (12/6/2024).

"Doa kami untuk keluarga yang ditinggal dan seluruh rakyat Malawi," tambahnya.

Sebelumnya, Wapres Malawi, Saulos Chilima dikonfirmasi meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat, Selasa (11/6/2024).

Presiden Malawi Lazarus Chakwera memastikannya usai tim pencari menemukan puing-puing pesawat yang ditumpangi Chilima (51) di hutan berkabut.

Sebelumnya, pesawat yang membawa Chilima beserta rombongan menghilang pada Senin (10/6/2024) setelah gagal mendarat di Kota Mzuzu, Malawi utara, akibat cuaca buruk.

Setelah itu, pencarian terus dilakukan hingga akhirnya tim SAR menemukan pesawat dalam kondisi sudah hancur total.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dr. Saulos Klaus Chilima merupakan seorang ekonom dan politikus ternama di Malawi. Ia pertama kali terpilih sebagai Wakil Presiden (Wapres) Malawi pada 2014.

Mengutip laman Pemerintahan Malawi, Chilima lahir pada 12 Februari 1973. Ia menganut agama Katolik Roma dan memiliki posisi penting dalam gereja.

Pada riwayat pendidikannya, Chilima meraih gelar PhD di bidang Manajemen Pengetahuan dari Universitas Bolton, Inggris.

Chilima mencoba peruntungan di dunia politik. Ia tercatat sudah dua kali menjabat sebagai wakil presiden (wapres) Malawi, yakni periode 2014-2019 dan 2020-2024 saat dia meninggal dunia akibat kecelakaan.

Ketika bertugas menjadi Wakil Presiden (Wapres), Chilima dikenal sebagai sosok yang berprestasi dan gila kerja. Ada banyak pencapaian penting yang diraihnya selama aktif bertugas.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2024/06/12/337/3020803/kemlu-sampaikan-duka-cita-atas-meninggalnya-wapres-malawi-saulos-chilima
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, WhatsApp,
ministries Kementerian Luar Negeri, Kemlu, Tim SAR,
religions Katolik,
nations Indonesia, Inggris, Malawi,
places DKI Jakarta,
cities Roma,
cases kecelakaan,