7 Rekomendasi Hidangan Idul Adha, Cocok Disantap Bersama Keluarga

  • 12 Juni 2024 18:18:06
  • Views: 4

Jakarta -

Idul Adha atau Lebaran Kurban diperingati setiap tanggal 10 Zulhijah. Salah satu tradisi Lebaran Idul Adha adalah menyajikan hidangan atau makanan khas berbahan dasar daging karena bertepatan dengan penyembelihan hewan kurban.

Berikut rekomendasi hidangan Lebaran Idul Adha yang dapat Anda nikmati bersama keluarga.

Kumpul keluarga saat Idul Adha kurang lengkap rasanya apabila tidak mengonsumsi santapan khas Lebaran Haji. Berikut beberapa contoh hidangan yang pas disajikan saat Idul Adha.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Rendang Daging

Sajian hidangan Lebaran Idul Adha tidak lengkap tanpa adanya rendang daging. Anda bisa mengolah rendang dengan daging sapi maupun daging kambing. Pastikan pengolahan dagingnya sudah benar agar tidak alot saat dimakan.

2. Gulai Kambing

Gulai merupakan menu makanan berbahan baku daging yang diolah dalam kuah bumbu rempah. Ciri khas gulai adalah warna kuah yang kuning dan kental.

Gulai Kambing (Foto: shutterstock)

3. Sate

Makanan khas Idul Adha berikutnya adalah sate. Biasanya, masyarakat mengolah daging sapi atau kambing dengan cara direndam dengan bumbu, lalu dibakar. Sate semakin nikmat jika disajikan dengan saus bumbu kacang atau kecap manis.

4. Sop Daging

Sop daging bisa jadi pilihan lain untuk dinikmati saat Idul Adha. Masakan yang identik dengan kuah bening ini biasanya untuk menghabiskan stok daging sapi maupun kambing yang memiliki banyak tulang.

5. Tengkleng

Tengkleng biasanya menggunakan jeroan dan tulang sumsum. Masakan ini bisa Anda nikmati bersama keluarga saat Hari Raya Idul Adha.

Tengkleng Kambing Solo (Foto: Getty Images/iStockphoto/jim_akay)

6. Semur Daging

Semur adalah hidangan daging rebus yang diolah dalam kuah cokelat dengan rasa manis. Biasanya, semur daging disajikan dengan kentang sebagai pelengkap.

7. Tongseng

Tongseng adalah hidangan gulai daging disertai kuah berbumbu dengan tambahan kol dan tomat. Umumnya, tongseng menggunakan daging kambing. Namun, ada pula yang menggunakan daging sapi, domba, dan kerbau.

Tips Mengonsumsi Daging saat Idul Adha

Idul Adha atau Lebaran Haji atau Lebaran Kurban identik dengan mengonsumsi ragam makanan berbahan baku daging. Dilansir situs Indonesiabaik oleh Kominfo, berikut beberapa tips sehat mengonsumsi daging di Hari Raya Kurban.

Masyarakat diharapkan dapat mengontrol porsi makan daging saat Hari Raya Kurban, jangan berlebihan.Jika dimasak dengan santan, usahakan sekali masak sekali makan habis.Daging dimasak matang sempurna.Daging lebih sehat dikonsumsi dengan beras merah/beras cokelat tumbuk/umbi-umbian.Hindari daging digoreng karena akan menambah kadar lemak.Hindari daging dibakar karena berisiko menambah zat karsinogenik penyebab kanker.Daging lebih baik direbus dan dikonsumsi bersama sayur dan buah. (kny/imk)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7387954/7-rekomendasi-hidangan-idul-adha-cocok-disantap-bersama-keluarga
Tokoh

Graph

Extracted

topics haji,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Beras, daging, Hewan kurban, lemak, rendang, santan,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Solo,
animals Domba, Kambing, Sapi,
plants kentang, Tomat,