Ribuan Akademisi UCLA Kembali Bekerja dan Akhiri Aksi Mogok pro-Palestina

  • 12 Juni 2024 18:04:29
  • Views: 5

Syafira | Rabu, 12/06/2024 04:04 WIB

Serikat pekerja Universitas California pro-Palestina memegang plakat saat pemogokan di UCLA, Los Angeles, California, AS, 28 Mei 2024. REUTERS

LOS ANGELES - Ribuan pekerja akademis Universitas California yang melakukan pemogokan di enam kampus memprotes tanggapan administrator terhadap protes pro-Palestina kembali bekerja pada hari Senin di bawah perintah pengadilan. Namun serikat pekerja mereka berjanji akan melakukan lebih banyak protes di masa depan.

Hakim Pengadilan Tinggi Orange County pada Jumat malam mengabulkan perintah penahanan sementara yang diminta oleh universitas tersebut, yang menyatakan bahwa pemogokan tersebut berasal dari masalah non-buruh dan melanggar klausul larangan mogok dalam kontrak serikat pekerja.

Pejabat universitas awalnya mengajukan petisi kepada Dewan Hubungan Ketenagakerjaan Publik California, namun panel tersebut dua kali menolak permintaan perintah mereka.

Peneliti akademis yang tergabung dalam serikat pekerja, asisten pengajar pascasarjana, dan sarjana pasca-doktoral mengundurkan diri dari pekerjaannya karena apa yang mereka sebut sebagai praktik perburuhan yang tidak adil dalam penanganan demonstrasi pro-Palestina di universitas tersebut dalam beberapa pekan terakhir.

Penghentian pekerjaan ini diselenggarakan oleh serikat pekerja United Auto Workers Local 4811, yang mewakili sekitar 48.000 karyawan akademik tidak tetap di 10 kampus UC dan Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley.

Pemogokan protes dimulai pada tanggal 20 Mei di kampus UC Santa Cruz, dan diperluas selama dua minggu berikutnya hingga mencakup UCLA, UC Davis dekat Sacramento, dan kampus di San Diego, Santa Barbara dan Irvine. Keenam kampus tersebut memiliki sekitar 31,500 anggota UAW. Sistem UC memiliki total 10 kampus.

Melanjutkan pemogokan "akan menyebabkan kemunduran yang tidak dapat diubah terhadap prestasi akademis para siswa dan mungkin menghentikan proyek-proyek penelitian penting pada kuartal terakhir," Melissa Matella, wakil presiden asosiasi hubungan perburuhan UC, mengatakan dalam sebuah pernyataan menyambut perintah penahanan tersebut.

Hakim Randall Sherman mengadakan sidang pada tanggal 27 Juni untuk mendengarkan argumen apakah akan memperpanjang perintah tersebut. Otorisasi mogok kerja yang diberikan oleh serikat pekerja akan berakhir pada tanggal 30 Juni.

Para pemimpin UAW 4811 mengecam keputusan tersebut, dengan mengatakan bahwa hakim tersebut menentang wewenang Dewan Hubungan Ketenagakerjaan dengan melakukan intervensi dalam masalah perburuhan di luar yurisdiksi pengadilan.

Meski demikian, serikat pekerja mengatakan para anggotanya mematuhi perintah pengadilan. UAW mengatakan mereka akan memfokuskan upayanya pada proses pengaduan yang akan datang terhadap universitas tersebut.

Serikat pekerja tersebut antara lain menuntut amnesti bagi mahasiswa pascasarjana dan pekerja akademis lainnya yang ditangkap atau menghadapi hukuman disiplin karena peran mereka dalam protes kampus terhadap serangan militer Israel di wilayah Palestina yang terkepung di Gaza.

Pemogokan tersebut menandai protes pertama yang didukung serikat pekerja sebagai solidaritas terhadap lonjakan aktivisme mahasiswa pro-Palestina di puluhan kampus AS dalam beberapa bulan terakhir.
UAW mengatakan pihaknya merencanakan protes tambahan di UC Davis pada hari Selasa dan di UCLA pada hari Rabu.

Para pemimpin serikat pekerja mengatakan bahwa pendorong utama serangan ini adalah penangkapan 210 orang, termasuk mahasiswa pascasarjana yang bekerja di kampus, di lokasi kamp protes solidaritas Palestina yang dirobohkan oleh polisi di UCLA pada tanggal 2 Mei.

Para penyerang bertopeng yang bersenjatakan tongkat dan pentungan menyerang perkemahan dan penghuninya pada malam sebelumnya, memicu bentrokan berdarah yang berlangsung setidaknya selama tiga jam sebelum polisi memulihkan ketertiban.

KEYWORD :

Israel Palestina Protes Mahasiswa Kampus Dunia


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/156969/Ribuan-Akademisi-UCLA-Kembali-Bekerja-dan-Akhiri-Aksi-Mogok-pro-Palestina/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
ministries Polisi,
topics Buruh,
nations Israel, Palestina,
cities California, Los Angeles, Santa Barbara,