Risma Minta Warga Barito Kuala Kalsel Tak Pasung Anggota Keluarga ODGJ

  • 12 Juni 2024 14:15:52
  • Views: 6

Barito Kuala -

Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) meminta warga Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk tidak memasung anggota keluarga dengan status Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Ia meminta keluarga untuk segera membawa ODGJ ke rumah sakit.

Hal itu diutarakan Risma saat memberikan bakti sosial di Kantor Bupati Barito Kuala, Kalsel, Rabu (12/6/2024). Dalam sambutannya, Risma memberikan alasannya untuk datang ke Kabupaten Barito Kuala karena beberap warga kawasan tersebut terkena penyakit kusta dan ODGJ.

"Pertama saya awalnya memang melihat ada beberapa saudara kita terkena penyakit kusta. Kenapa saya datang ke sini, setelah scanning lengkap, ada juga yang disabilitas mental atau ODGJ atau banyak juga hari ini kita akan operasi 320 warga yang terkena katarak," kata Risma.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Risma menyampaikan apabila ada warga yang sakit ODGJ untuk tidak dipasung. Ia mengatakan ODGJ dapat diobati namun harus rutin disuntik setiap satu bulan sekali.

"Yang ingin saya sampaikan. Pertama, kalau ada yang sakit disabilitas mental atau ODGJ itu ndak boleh dipasung itu bisa diobati. Jadi sekarang sudah ada obat yang dia tiap bulan itu disuntik, kemudian bulan berikut disuntik lagi, jadi hanya tiap bulan. Kalau dulu setiap hari minum obat, sekarang tidak perlu, cukup 1 bulan sekali itu bisa diobati," jelasnya.

Mensos Tri Rismaharini (Devi Puspitasari/detikcom)

Risma mengatakan penyakit ODGJ seperti penyakit gula yang harus diobati secara rutin. Sebab itu, Risma meminta warga untuk tak memasung ODGJ namun dibawa langsung ke Rumah Sakit (RS) untuk ditangani.

"Dokter itu sampaikan ke saya bu itu sama dengan penyakit gula yang harus diobati rutin, sama sebetulnya. Jadi karena itu jangan dipasung bawa ke RS nanti dia kan disuntik dan dia akan tenang," jelasnya.

Sebab, jika dipasung, kaki pasien akan mengecil dan akan terjadi lumpuh.

"Karena kalau dipasung kaki mengecil udah nggak bisa apa-apa. Kalau lumpuh, tergantung kepada orang lain, kalau bapak ibu tidak merawat, kita dosa," tuturnya.

(dnu/dnu)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7387345/risma-minta-warga-barito-kuala-kalsel-tak-pasung-anggota-keluarga-odgj
Tokoh



Graph

Extracted

persons Tri Rismaharini,
ministries Kemensos,
places KALIMANTAN SELATAN,
cities Barito Kuala,