Profil Wapres Malawi yang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Hutan Usai Hilang Kontak

  • 12 Juni 2024 07:42:01
  • Views: 7

MALAWI –Wakil Presiden (Wapres) Malawi Saulos Chilima dipastikan meninggal usai pesawat yang membawa Chilima ditemukan dan tidak ada yang selamat.

Pesawat militer yang mengangkut Chilima dan sembilan orang lainnya diketahui hilang kontak usai gagal mendarat pada Senin (10/6/2024).

Dia dilaporkan sedang dalam perjalanan untuk mewakili pemerintah pada pemakaman mantan menteri kabinet Ralph Kasambara, yang meninggal tiga hari lalu.

Mantan Ibu Negara Shanil Dzimbiri juga berada dalam penerbangan yang lepas landas dari ibu kota, Lilongwe, pada Senin (10/6/2024) pagi tersebut.

Dalam jumpa pers pada Selasa (11/6/2024), Presiden Chakwera mengatakan komandan Angkatan Pertahanan Malawi memberitahunya bahwa operasi pencarian dan penyelamatan telah selesai dan pesawat tersebut ditemukan.

Wakil presiden dan presiden berasal dari partai yang berbeda namun keduanya bekerja sama membentuk aliansi pada pemilu 2020.

Dr Chilima telah menjadi wakil presiden Malawi sejak 2014. Kantor berita AFP melaporkan jika Chilima sangat dicintai di Malawi, khususnya di kalangan pemuda.

Namun, Dr Chilima ditangkap dan didakwa pada tahun 2022 atas tuduhan menerima uang sebagai imbalan atas pemberian kontrak pemerintah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia membantah melakukan kesalahan. Bulan lalu, pengadilan membatalkan dakwaan tersebut, tanpa memberikan alasan atas keputusan tersebut.

Dr Chilima meninggalkan istrinya, Mary, dan dua anaknya, Sean dan Elizabeth.

Ia menjabat wakil presiden Malawi sejak 2014. Dr Chilima digambarkan di situs pemerintah sebagai seorang yang berkinerja, ‘gila kerja’, dan seorang yang berprestasi.

Dikutip BBC, dia memiliki gelar PhD dalam Manajemen Pengetahuan. Sebelum karir politiknya, Dr Chilima memegang peran kepemimpinan penting di perusahaan multinasional seperti Unilever dan Coca Cola.

Pesawat militer yang mengangkut Chilima dan rombongan ditemukan dalam kondisi hancur togtal.

Chakwera memberikan penghormatan kepada Dr Chilima, menggambarkannya sebagai orang baik, ayah yang berbakti dan Wakil Presiden yang tangguh.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/06/12/18/3020455/profil-wapres-malawi-yang-tewas-dalam-kecelakaan-pesawat-di-hutan-usai-hilang-kontak
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, WhatsApp,
nations Malawi,
cases kecelakaan,
brands Coca Cola, Unilever,