Wakil Presiden Malawi Saulos Klaus Chilima Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

  • 12 Juni 2024 00:20:57
  • Views: 9

BLANTYRE, iNews.id – Wakil Presiden Malawi, Saulos Klaus Chilima, dipastikan tewas setelah pesawat militer yang membawanya hilang pada Senin (10/6/2024). Presiden Malawi, Lazarus Chakwera mengatakan, sembilan orang lainnya yang turut menyertai Chilima juga meninggal dalam kecelakaan itu.

“Saya sangat sedih, saya memohon maaf untuk mengabarkan kepada Anda semua bahwa ini telah menjadi tragedi yang mengerikan. Tim SAR telah menemukan pesawat tersebut di dekat sebuah bukit. Mereka menemukannya hancur total tanpa ada yang selamat,” kata Chakwera, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga

Breaking News, Pesawat Bawa Wakil Presiden Malawi dan Istrinya Dilaporkan Hilang

Dalam pidatonya, dia menuturkan bahwa lokasi kecelakaan pesawat berada di bagian pegunungan di Hutan Chikangawa.

Reuters melansir, pesawat yang membawa Chilima meninggalkan Ibu Kota Lilongwe pada Senin pukul 09.17 waktu setempat (14.17 WIB). Pesawat itu tidak dapat mendarat di Bandara Mzuzu sesuai jadwal pada pukul 10.02 karena jarak pandang yang buruk. 

Baca Juga

Pencarian Pesawat Bawa Wapres Malawi Terus Berlangsung, Presiden Minta Bantuan Israel

Pesawat itu lantas diperintahkan untuk kembali ke Lilongwe, namun hilang dari radar. Otoritas penerbangan setempat tidak dapat melakukan kontak dengannya.

Chilima dipandang sebagai kandidat potensial dalam pemilihan presiden Malawi tahun depan. Dia pernah ditangkap pada 2022 atas tuduhan korupsi.

Baca Juga

Pesawat Hilang Kontak, Wapres Malawi Chilima Hendak Hadiri Pemakaman Mantan Menteri

Namun, pengadilan Malawi membatalkan dakwaan terhadapnya bulan lalu, setelah jaksa penuntut umum mengajukan pemberitahuan agar kasus tersebut dihentikan. Chilima membantah tuduhan rasuah yang dialamatkan kepadanya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil


Sumber: https://www.inews.id/news/internasional/wakil-presiden-malawi-saulos-klaus-chilima-dipastikan-tewas-dalam-kecelakaan-pesawat
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
ministries Tim SAR,
nations Israel, Malawi,
cases kecelakaan, korupsi,