Cegah Penyakit Menular di Desa Pitung Kalsel, Kemensos Bikin Lumbung Sosial

  • 11 Juni 2024 22:53:44
  • Views: 4

Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) membuat lumbung sosial di Desa Sungai Pitung, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Kalsel). Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan lumbung sosial ini dibuat khusus untuk mencegah penyakit agar tidak menular.

"Jadi Bapak, Ibu, supaya tidak (penyakit) ke yang lain itu nanti yang pertama yang kita lakukan kita akan buat, Pak Bupati ini ada lumbung sosial itu untuk mencegah penyakit liar. Supaya kita bisa mencegah penularan," kata Risma dalam sambutannya di lokasi, Selasa (11/6/2024).

"Bapak, Ibu akan kita berikan nanti dikelola oleh daerah ini yang kita sebut lumbung sosial tapi itu kebutuhan-kebutuhan untuk mencegah supaya yang lain tidak tertular dan bapak ibu tetap sehat ya," tambahnya.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Risma mengatakan lumbung sosial ini berisikan alat kebersihan, obat-obatan, perlengkapan kamar tidur untuk mencegah penularan.

"Di lumbung sosial isinya alat kebersihan sabun mandi obat-obatan, ada perlengkapan kamar kasur sebagainya jadi nggak boleh bercampur. Jadi nanti kalau bapak ibu sekalian itu sudah kita hitung itu cukup berapa lama nanti kalo habis minta ke lumbung sosial jadi nggak boleh campur," jelasnya.

Terpenting, lanjut Risma, penularan itu mudah tertular dari air liur. Ia pun meminta warga untuk tidak meludah sembarangan agar tidak menularkan penyakit. Risma pun menyiapkan pencegahan sekunder pengobatan dari puskesmas hingga memberikan air bersih.

"Saya siapkan pencegahan yang sifatnya sekunder pengobatan dilakukan puskesmas saya coba berikan air bersih supaya tidak gunakan air yang tidak sehat karena td udh di cek ph 4 padahal syaratnya 7 ph airnya itu saya kira yang saya bisa jelaskan," tuturnya.

Sebab itu, kata Risma, lumbung sosial di kawasan tersebut berbeda dari sebelumnya. Kali ini khusus untuk penanganan kusta.

"Kalau ini dilengkapi dengan perlengkapan berbeda dari untuk daerah rawan. Kalau biasanya kita untuk bencana, kalau ini untuk daerah rawan kusta, itu berupa peralatan mandi kesehatan kemudian perlengkapan kamar tidur dan sembako. Jadi nanti kalau memang dibutuhkan saya isi kalau habis begitu kira-kira," tutupnya.

(aik/aik)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7386484/cegah-penyakit-menular-di-desa-pitung-kalsel-kemensos-bikin-lumbung-sosial
Tokoh



Graph

Extracted

persons Tri Rismaharini,
ministries Kemensos,
products sembako,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN SELATAN,
cities Barito Kuala,