Pemkot Parepare Gelar Bimbingan Tekhnis Penyusunan Master Plan Smart City

  • 11 Juni 2024 13:28:50
  • Views: 7

Pemkot Parepare Gelar Bimbingan Tekhnis Penyusunan Master Plan Smart City

RAKYATKU.COM, PAREPARE- Pemerintah Kota Parepare, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare, menggelar Bimbingan Tekhnis Pertama Penyusunan Master Plan Smart City Kota Parepare, tahun 2024 yang digelar di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Selasa 11 Juni 2024.

Hadir dalam acara tersebut, Sekda Kota Parepare, Muh Husni Syam, Kepala Diskominfo, Statistika dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan, serta para Dewan Smart City dan Pembina Smart City serta para Camat dan Lurah se Kota Parepare.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare, Anwar Amir, mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengembangkan dan juga membahas terkait rancangan master plan dari Parepare menuju Kota Smart City ini dimana Pemerintah Kota Parepare bersama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah mengesahkan kesepakatan bersama, oada 5 Maret 2024 yang lalu.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Ingatkan Pimpinan OPD Berperan Aktif Pelaksanaan Parepare Smart City

Anwar Amir, menjelaskan, kegiatan Bimbingan tekhnis ini akan dilakukan sebanyak empat kali proses, yang dimulai pada Juni hingga Oktober 2024. Untuk tahap pertama sendiri Pihaknya akan membahas terkait data kuantitatif dan kualitatif serta master plan smart city berdasarkan kepada arah pembangunan dari daerah itu sendiri.

Kegiatan Tersebut melibatkan para peserta dari Dewan Smart City di setiap SKPD serta juga di BUMD yang ada di Kota Parepare.

Kepala Dinas Kominfo, Statistika dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Winarno Eka Putra, mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kota Parepare, sehingga pada tahun 2024 ini memenuhi syarat untuk diajukan sebagai salah satu kota dengan penerapan Smart City.

Baca Juga : Pengendalian Inflasi Jelang Idul Adha, Pemkot Parepare Gelar Gerakan Pangan Murah

Winarno Eka Putra, mengatakan, kegiatan smart city ini sendiri pertama kalinya di launching pada tahun 2017 yang lalu, dari 500 Lebih Pemerintah daerah tercatat sudah ada 200 yang telah melakukan proses tersebut.

"Dari 500 lebih Pemerintah daerah sudah ada 200 lebih yang telah menjalankan Program smart city tersebut,"katanya.

Untuk Provinsi Sulawesi Selatan sendiri, lanjutnya pada tahun 2019 itu sudah ada dua Pemerintah daerah yang telah menerapkan program Smart City, sementara pada tahun 2020 sampai 2021 itu terhenti karena Pandemi Covid, sehingga nanti kembali pada tahun 2022 itu ada tiga daerah lagi di Sulsel, sementar pada tahun 2023 juga ada tiga daerah, dan tahun 2024 ini hanya ada satu daerah yakni Kota Parepare.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Lepas Pasar Murah Iduladha, Sasar 2.200 KPM

"Kita bisa akumulasikan jika sampai saat ini tengah jalan sembilan daerah yang mengusulkan Smart City, sementara masih ada lebih dari setengah yang belum, Alhamdulillah di kota Parepare ini sudah kategori baik namun tetap perlu untuk dikembangkan lagi,"pungkasnya.

Winarno, menuturkan, pemerintah provinsi sendiri berharap kedepan semua daerah telah berhasil menerapkan program tersebut sehingga kedepannya bisa dilakukan Smart Provinsi, dan tentunya pemerintah provinsi akan memberikan dukungan dan support atas penerapan program tersebut.

Penulis : Hasrul Nawir


Sumber: https://rakyatku.com/read/230492/pemkot-parepare-gelar-bimbingan-tekhnis-penyusunan-master-plan-smart-city
Tokoh

Graph

Extracted

bumns BUMD,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
nations Indonesia,
places SULAWESI SELATAN,
cities Parepare,
cases covid-19,