Pesawat yang Membawa Wakil Presiden Malawi Hilang, Pencarian Dilakukan

  • 11 Juni 2024 16:05:23
  • Views: 5

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah pesawat militer yang membawa Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima dilaporkan hilang setelah gagal melakukan pendaratan pada Senin (10/6/2024).

Pesawat tersebut, yang lepas landas sekitar pukul 09.00 waktu setempat, membawa Chilima yang berusia 51 tahun dan sembilan orang lainnya ketika gagal mendarat karena cuaca buruk.

Kelompok tersebut melakukan perjalanan dari ibu kota Lilongwe sejauh 370 kilometer (230 mil) ke kota Mzuzu untuk menghadiri pemakaman mantan menteri kabinet.

-

-

"Setibanya di Mzuzu, pilot tidak dapat mendaratkan pesawat karena jarak pandang yang buruk akibat cuaca buruk, dan otoritas penerbangan menyarankan pesawat mereka untuk kembali ke Lilongwe, namun pihak berwenang segera kehilangan kontak dengan pesawat tersebut," kata Presiden Malawi Lazarus Chakwera, dilansir Associated Press.

Dia mengatakan dia tidak menyia-nyiakan sumber daya dalam operasi pencarian pesawat militer yang hilang tersebut. Kepala negara menolak klaim yang dipublikasikan oleh media lokal bahwa operasi pencarian telah dihentikan pada malam itu.

Tentara "masih berada di lapangan untuk melakukan pencarian dan saya telah memberikan perintah tegas bahwa operasi harus dilanjutkan sampai pesawat itu ditemukan", katanya, seraya menambahkan bahwa tentara akan memberikan informasi terkini secara rutin kepada masyarakat.

Chakwera memerintahkan pasukan regional dan nasional untuk melakukan "operasi pencarian dan penyelamatan segera" pada hari sebelumnya.

Dia mengatakan dia telah menghubungi pemerintah berbagai negara termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, Norwegia, dan Israel, yang semuanya menawarkan dukungan "dalam kapasitas berbeda".

"Termasuk penggunaan teknologi khusus yang akan meningkatkan kapasitas untuk menemukan pesawat lebih cepat."

Chakwera mengatakan bahwa sinyal telekomunikasi menemukan pesawat itu berada dalam radius 10 kilometer dari Riaply, sebuah perusahaan penggilingan kayu di negara miskin di Afrika bagian selatan yang terletak di selatan Mzuzu.

Berbagai laporan yang belum terkonfirmasi beredar bahwa saksi mata melihat sebuah pesawat jatuh ke dalam hutan pada Senin pagi.

Wakil presiden pertama yang terpilih pada tahun 2014, Chilima yang karismatik namun tegas, sangat dicintai di Malawi, khususnya di kalangan pemuda.

Namun pada tahun 2022, selama masa jabatan keduanya, Chilima dicopot dari kekuasaannya setelah ditangkap dan didakwa melakukan korupsi atas skandal suap yang melibatkan seorang pengusaha Inggris-Malawi.

Bulan lalu, pengadilan Malawi membatalkan dakwaan tersebut.


[-]

(luc/luc)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240611055310-4-545482/pesawat-yang-membawa-wakil-presiden-malawi-hilang-pencarian-dilakukan
Tokoh

Graph

Extracted

companies Associated Press,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Inggris, Israel, Malawi, Norwegia,
places DKI Jakarta,
cities Penggilingan,
cases korupsi,