5 Fakta Gereja HKBP Tolak Pemberian Izin Kelola Tambang, Ingin Menjaga Lingkungan

  • 11 Juni 2024 06:05:07
  • Views: 4

JAKARTA - Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) menyatakan menolak mengelola wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK) yang telah ditawarkan oleh Pemerintah.

Berikut Fakta yang berhasil dihimpun:

1. Tak Akan Melibatkan Diri

"Bersama ini kami dengan segala kerendahan hati menyatakan bahwa HKBP tidak akan melibatkan dirinya sebagai gereja untuk bertambang," terang Ephorus HKBP, Robinson Butarbutar dalam keterangannya yang dikutip Senin (10/6/2024).

2. Sesuai Konfensi HKBP 1996

Robinson menjelaskan sejumlah pertimbangan dalam memutuskan sikap tersebut, salah satunya Konfesi HKBP tahun 1996.

Dari hasil konfensi itu, kafa Robinson, HKBP turut bertanggung jawab menjaga lingkungan hidup yang telah dieksploitasi umat manusia demi pembangunan.

3. Eksploitasi Sebabkan Pemanasan Global

Ia berkata, eksploitasi itu menjadi salah satu penyebab utama kerusakan lingkungan hingga pemanasan bumi yang tak terbendung.

Menurutnya, cara untuk mengatasi masalah itu dengan secepatnya mengganti penggunaan teknologi ramah lingkungan seperti, energi matahari, energi angin, dan yang masih terus dikembangkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Kutip Ayat Suci

HKBP juga mengutip sejumlah ayat dalam kitab suci mengenai tanggung jawab manusia menjaga lingkungan. Kendati demikian, kata Robinson, HKBP juga meminta Pemerintah untuk bertindak tegas terhadap penambang ilegal.

5. Minta Penambang Ilegal Ditindak

"Kami sekaligus menyerukan agar di negeri kita pemerintah bertindak tegas terhadap para penambang yang dalam pelaksanaannya tugasnya tidak tunduk pada undang-undang yang telah mengatur pertambangan yang ramah lingkungan," tandasnya.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2024/06/10/337/3019809/5-fakta-gereja-hkbp-tolak-pemberian-izin-kelola-tambang-ingin-menjaga-lingkungan
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, WhatsApp,
religions Kristen,
places DKI Jakarta,
musicclubs IZ*ONE,