Kronologi Pesawat Wapres Malawi yang Hilang Kontak Usai Gagal Mendarat

  • 11 Juni 2024 07:01:27
  • Views: 8

MALAWI – Sebuah pesawat yang membawa Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima dan sembilan orang lainnya hilang setelah gagal melakukan pendaratan yang dijadwalkan pada Senin (10/6/2024).

Kantor kepresidenan dan kabinet dalam sebuah pernyataan mengatakan pesawat Angkatan Pertahanan Malawi yang membawa Chilima dan lainnya meninggalkan ibu kota Lilongwe pada pukul 9:17 waktu setempat (3.17 pagi ET).

Pesawat tersebut dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Mzuzu, sekitar 380 km (240 mil) di utara Lilongwe, namun tidak tiba dan tidak lagi terdeteksi oleh radar.

“Sejauh ini semua upaya otoritas penerbangan untuk melakukan kontak dengan pesawat tersebut sejak hilang dari radar,” bunyi pernyataan presiden, dikutip CNN.

“Oleh karena itu, Komandan Angkatan Pertahanan Malawi, Jenderal Valentino Phiri, telah memberitahu Yang Mulia Dr. Lazarus McCarthy Chakwera mengenai insiden tersebut, dan presiden sejak itu membatalkan jadwal keberangkatannya ke Bahama dan memerintahkan semua lembaga regional dan nasional untuk segera melakukan operasi pencarian dan penyelamatan untuk menemukan keberadaan pesawat tersebut,” tambah pernyataan itu.

Seperti diketahui, Malawi telah menghadapi serangkaian pergolakan politik dan kesulitan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir. Negara yang tidak memiliki daratan ini telah berupaya untuk mengatasi permasalahan seperti korupsi, ketidakstabilan ekonomi, dan reformasi sektor publik. Terlepas dari upaya-upaya ini, negara ini terus berjuang menghadapi tingkat inflasi yang tinggi, pengangguran, dan kemiskinan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Wakil Presiden Chilima adalah tokoh terkemuka dalam lanskap politik Malawi, yang dikenal karena agenda reformisnya dan upayanya memberantas korupsi. Hilangnya dia terjadi pada saat yang kritis, karena pemerintah berada di bawah tekanan untuk memenuhi janjinya mengenai pertumbuhan ekonomi dan perbaikan pemerintahan.

Ketidakpastian seputar keberadaannya menambah ketegangan, dan banyak yang khawatir akan potensi ketidakstabilan politik jika hasil terburuk terjadi.

Bantuan dan kerja sama internasional telah diupayakan untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan. Komunitas internasional juga telah menyatakan solidaritasnya terhadap Malawi selama masa yang penuh tantangan ini. Ketika pencarian terus berlanjut, masyarakat masih gelisah menunggu kabar tentang nasib Chilima dan penumpang lainnya.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/06/11/18/3019965/kronologi-pesawat-wapres-malawi-yang-hilang-kontak-usai-gagal-mendarat
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, WhatsApp,
nations Bahama, Malawi,
cases korupsi, pengangguran,