Aksi Damkar Jaktim Evakuasi Nenek Jatuh di Kamar Terkunci Bermodal Galah

  • 10 Juni 2024 23:13:05
  • Views: 7

Jakarta -

Seorang perempuan lanjut usia (lansia) terkunci dalam kamar rumah di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur (Jaktim). Petugas pemadam kebakaran (damkar) mengevakuasi nenek berusia 89 tahun tersebut.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta melalui akun Instagram @humasjakfire membagikan proses evakuasi. Dalam video yang diunggah, tampak petugas Damkar Jaktim mengakali pintu kamar yang terkunci itu menggunakan galah panjang.

"Petugas penyelamat dari Suku Dinas Gulkarmat Kota Adm. Jakarta Timur mendapat laporan untuk mengevakuasi seorang nenek (89 tahun) yang terjatuh dan terkunci di dalam kamarnya," kata Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Senin (10/6/2024).

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Korban dievakuasi dari rumah yang berlokasi di Jalan Baret Biru I, RT.004/RW.007, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur pada pagi tadi. Damkar mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) setelah mendapatkan laporan dari anak nenek tersebut

"Menurut informasi dari anak korban, kejadian berawal saat waktu Subuh, ketika Ia ingin membangunkan orang tuanya salat, tetapi ternyata pintu kamar terkunci dari dalam," katanya.

"Kemudian, sang anak mencoba mengecek dari jendela kamar tersebut dan melihat korban sudah tergeletak di lantai kamar. Melihat situasi tersebut, sang anak segera menghubungi Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Timur untuk meminta bantuan evakuasi," imbuhnya.

Satu unit armada beserta 4 orang personel Damkar Jaktim dikerahkan menuju TKP. Pada pukul 06.23 WIB, operasi penyelamatan mulai dilakukan dengan membuka pintu kamar yang terkunci.

Damkar melakukan proses evakuasi menggunakan galah untuk membuka pintu yang terkunci. Galah panjang itu dijulurkan melalui celah kaca nako sehingga pintu dapat terbuka.

Setelah pintu terbuka, nenek tersebut lalu dibopong ke kasur. Proses evakuasi berlangsung sekitar 2 menit.

"Kurang lebih sekitar dua menit kemudian, tepatnya pukul 06.25 WIB, proses evakuasi dinyatakan selesai. Adapun korban berhasil diselamatkan dengan situasi aman terkendali," katanya.

(jbr/lir)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7384591/aksi-damkar-jaktim-evakuasi-nenek-jatuh-di-kamar-terkunci-bermodal-galah
Tokoh

Graph

Extracted

companies Instagram,
places DKI Jakarta,
cities Kalisari, Pasar Rebo,
cases kebakaran,