Mencengangkan, Eks Jenderal Bintang Empat Terseret Kasus Vina, Da'i Bachtiar Langsung Klarifikasi

  • 09 Juni 2024 21:48:28
  • Views: 7

Jakarta, tvOnenews.com - Mencengangkan publik soal kasus pembunuhan Vina dan Eky Cirebon. Pasalnya, nama eks jenderal bintang, Da'i Bachtiar dan keluarga terseret dalam kasus tahun 2016 silam itu. 

Bahkan ironisnya, tudingan itu viral hingga menyudutkan nama baik mantan Kapolri dan keluarganya tersebut. 

Sontak, hal itu langsung diklarifikasi oleh Eks Kapolri Da'i Bachtiar dalam bentuk flyer di kalangan masyarakat, Kabupaten Indramayu.

Dalam flayer yang beredar, dijelaskan berdasarkan hasil penelusuran data di media serta cross check dengan beberapa pihak, diperoleh keterangan yang sangat tidak sesuai dengan berita-berita di medsos.

Da’i Bachtiar membeberkan beberapa fakta yang perlu diketahui oleh masyarakat.

1. Saat peristiwa pembunuhan terjadi Kapolres Cirebon Kota Dijabat AKBP Indra Jafar.

Saat terjadinya  pembunuhan Eky dan Vina Cirebon 27 Agustus 2016 lalu, Kapolres Cirebon Kota kala itu dijabat oleh Indra Jafar yang pada saat itu berpangkat AKBP.

Kasus yang awalnya ditangani oleh Polres Cirebon Kota, kemudian ditarik di Polda Jabar sehingga berkas perkara beserta para tersangka tidak ada lagi di Polres Cirebon Kota.

Pada Oktober 2016, kasus pembunuhan Eky dan Vina ini divonis oleh pengadilan.

Baru pada Desember 2016, anak dari Da’i Bachtiar yaitu Adi Vivid Agustadi yang pada saat itu berpangkat AKBP dimutasi menjadi Kapolres Cirebon Kota.

“Pada saat Adi Vivid menjabat sebagai Kapolres Cirebon Kota, kasus telah diambil alih oleh Polda Jabar dan kasus sudah divonis di PN sehingga tanggung jawab DPO sudah berada di Polda Jabar,” beber Da’i Bachtiar dikutip tvOnenews.com, Minggu (9/6/2024).

2.  Anak Adi Vivid yang Disebut sebagai Pelaku Berumur 2 Tahun Saat Kejadian

Masih dalam flayer yang beredar, kemudian ada lagi viral di media sosial tentang pelakunya Alif Bachtiar yang disebut-sebut anak dari Adi Vivid.

Saat itu, anaknya Adi Vivid yang laki-laki masih berusia 2 tahun, hal tersebut dibantah sendiri oleh netizen.

3. Cucu Da'i Bahtiar Andika tak Pernah Tinggal di Cirebon

Karena ada bantahan dari sesama netizen, muncul lagi berita yang beredar pelakunya anak dari Nina Agustina (anak pertama Da’i Bachtiar).

Nina Agustina menjabat sebagai Bupati Indramayu sejak tahun 2022.

Adapun putranya yakni Andika di tahun 2016 masih sekolah kelas 2 SMA di Jakarta.

Kemudian lulus dan masuk Akpol pada tahun 2022.

“Andika sama sekali tidak pernah tinggal di Kota Cirebon,” tulis keterangan dalam flayer itu.

Untuk diketahui, kasus pembunuhan Eky dan Vina ini menjadi perhatian publik, apalagi setelah dibuat film layar lebar dan menyita perhatian jutaan penonton.

Hal ini yang membuat netizen banyak berasumsi dan meruntut ke belakang hingga mengarah kepada Brigjen Pol Adi Vivid Agustadi yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda DIY.

Apalagi Adi Vivid sendiri merupakan polisi yang berprestasi, selain karena anak mantan Kapolri, Adi Vivid merupakan salah seorang Pati Polri termuda di angkatannya.

Ia juga pernah menjabat sebagai ajudan Presiden RI Joko Widodo sehingga semakin menarik untuk diberitakan apalagi dengan bumbu-bumbu dan tambahan-tambahan keterangan yang tidak benar.

“Karena pemberitaan kasus tersebut sudah tidak sesuai dengan kenyataan dan cenderung menyudutkan atau mendiskreditkan nama baik seseorang, maka ada baiknya saya meluruskan berita-berita di medsos yang keliru tersebut. Tidak ada maksud lain, terima kasih,” pungkas Da’i Bachtiar ditulisannya. (aag)


Sumber: https://www.tvonenews.com/berita/nasional/217493-mencengangkan-eks-jenderal-bintang-empat-terseret-kasus-vina-dai-bachtiar-langsung-klarifikasi?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joko Widodo,
ministries Polda Jabar, Polisi,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Cirebon, Indramayu, Pati,
cases pembunuhan,