Masih Terancam Tanah Longsor, Papua Nugini Hentikan Pencarian Lebih 2.000 Korban

  • 08 Juni 2024 07:47:57
  • Views: 8

Syafira | Sabtu, 08/06/2024 06:35 WIB

Masyarakat membersihkan area di lokasi longsor di desa Yambali, Provinsi Enga, Papua Nugini, 27 Mei 2024. UNDP via REUTERS

WELLINGTON - Tanah longsor lebih lanjut kemungkinan akan melanda daerah di mana sebagian gunung runtuh hingga menimpa sebuah desa terpencil di Papua Nugini dua minggu lalu. Para ahli geologi Selandia Baru memperingatkan pada hari Jumat, ketika pihak berwenang mengakhiri upaya pencarian dan penyelamatan.

Masih belum jelas berapa banyak orang yang tewas dalam tanah longsor besar di wilayah Enga, PNG pada tanggal 24 Mei, dengan pemerintah pusat melaporkan lebih dari 2.000 orang terkubur hidup-hidup dan perkiraan PBB menyebutkan jumlah korban tewas sekitar 670 orang.

Sejauh ini hanya 11 jenazah yang berhasil ditemukan.
Insinyur geoteknik Selandia Baru yang dikirim ke Papua Nugini merilis sebuah laporan pada hari Kamis yang meningkatkan kekhawatiran tentang stabilitas tanah tidak hanya ketika tanah longsor tetapi juga di kedua sisi tanah longsor.

“Kami percaya bahwa ada potensi nyata terjadinya tanah longsor lebih lanjut dalam waktu dekat atau menengah,” kata Aaron Waterreus, pemimpin tim Pemadam Kebakaran dan Darurat Selandia Baru (FENZ) yang beranggotakan para insinyur geoteknik, dalam konferensi pers pada hari Jumat. .

Insinyur geoteknik FENZ Jan Kupec menambahkan tanah longsor, yang mencakup sekitar 14 hektar (35 hektar), memiliki skala sedemikian besar sehingga tidak mungkin untuk menghentikannya dan dapat terus terjadi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Dia mengatakan longsoran batu tersebut kemungkinan merupakan bagian dari tanah longsor lama yang telah aktif kembali dan kini ada kekhawatiran awal musim hujan akan mencairkan material yang jatuh dari bukit dan mengaktifkan kembali tanah longsor tersebut.

Pemerintah Provinsi Enga pada hari Kamis mengumumkan evakuasi massal di daerah sekitar tanah longsor karena kekhawatiran akan pergerakan tanah lebih lanjut.

Pemerintah telah berhenti mencari jenazah dan daerah tersebut telah dianggap sebagai situs pemakaman massal.

Organisasi Internasional untuk Migrasi PBB mengatakan lebih dari 7.200 orang mengungsi akibat tanah longsor dan jumlahnya mungkin bertambah.

Medan yang berbahaya dan kerusuhan suku di daerah tersebut membuat peralatan berat dan bantuan lambat tiba, dan pejabat pemerintah PNG seminggu yang lalu mengesampingkan kemungkinan menemukan korban yang selamat di bawah reruntuhan.

Lokasi bencana akan dikarantina dengan akses terbatas untuk mencegah penyebaran penyakit dari jenazah yang membusuk, menurut IOM.

KEYWORD :

Papua Nugini Tanah Longsor Tertimbun


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/156839/Masih-Terancam-Tanah-Longsor-Papua-Nugini-Hentikan-Pencarian-Lebih-2000-Korban/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
parties PBB,
topics longsor,
nations Papua Nugini, Selandia Baru,
places PAPUA, Sumatera Utara,
cities Gunung, Wellington,
cases kebakaran,