Kapan Sidang Isbat Lebaran Idul Adha 2024? Simak Jadwalnya

  • 07 Juni 2024 09:08:08
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah akan melaksanakan sidang isbat untuk menentukan awal Zulhijah 1445 Hijriah. Hal itu sekaligus sebagai penentu Hari Raya Idul Adha 2024. 

Lalu, kapan jadwal sidang isbat untuk penentuan Lebaran Haji alias Idul Adha 2024? Sidang isbat yang digelar Pemerintah akan dilakukan pada Jumat 7 Juni 2024.

"Sidang Isbat ini penting untuk selalu kita laksanakan, karena masyarakat menunggu pengumuman resmi dari pemerintah," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin pada Kamis 6 Juni 2024.

Rangkaian Sidang Isbat

Sidang isbat akan diawali dengan pemantauan hilal (rukyatulhilal) yang akan digelar pada hari yang sama. Pemantauan akan dilakukan di 114 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib mengatakan bahwa semua sistem hisab sepakat bahwa ijtimak menjelang Zulhijah 1445 H jatuh pada 6 Juni 2024. Ini bertepatan dengan 29 Zulkaidah 1445 H sekira pukul 19.37 WIB.

"Pelaksanaan tersebut akan dilakukan Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan Ormas Islam. Kemudian juga instansi lain setempat," tuturnya.

Menurut Adib, pada saat hari rukyat, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia di atas ufuk berkisar antara 7 derajat 15.82 menit sampai 10 derajat 41.09 menit. Kemudian, sudut elongasi 11 derajat 34.83 menit hingga 13 derajat 14.47 menit.

"Hal tersebut sudah memenuhi kriteria Imkanur rukyat MABIMS. Yakni Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura," ujarnya.

Artinya secara astronomis, pada 7 Juni 2024 hilal diperkirakan dapat terlihat di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, bergantung pada cuaca setempat.

"Sehingga, di tahun ini, Muslim di Indonesia diperkirakan dapat merayakan hari Idul Adha secara serentak. Namun harus tetap menunggu hasil sidang isbat," ucap Adib.

Idul Adha

Idul Adha adalah hari raya atau hari besar kedua bagi umat Islam setelah hari raya Idul Fitri. Hari raya Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah menurut kalender Hijriah atau 70 hari setelah hari raya Idul Fitri. Seperti halnya Idul Fitri, umat Islam juga akan melaksanakan salat sunnah Idul Adha bersama-sama di masjid atau tanah lapang.

Hari raya Idul Adha merupakan puncak ibadah haji, dimana jutaan umat Islam dari seluruh dunia berkumpul di Mekkah untuk melakukan rangkaian ibadah yang menjadi rukun Islam kelima ini.

Bagi Anda yang belum mampu mengerjakan ibadah haji, maka berkurban menjadi salah satu cara mendekatkan diri kepada-Nya saat hari raya Idul Adha. Berkurban menjadi amalan utama Idul Adha dengan cara melakukan penyembelihan hewan kurban.

Perayaan hari raya Idul Adha saat ini tidak lepas dari kisah Nabi Ibrahim a.s dan putranya, Nabi Ismail a.s. Agar bisa memahami makna Idul Adha lebih dalam, mari simak pembahasan di bawah ini sampai tuntas.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018179817/kapan-sidang-isbat-lebaran-idul-adha-2024-simak-jadwalnya?page=all
Tokoh





Graph