Tak Jarang Barisan Sakit Hati Bertemu

  • 06 Juni 2024 19:59:22
  • Views: 7

Jakarta -

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, menilai mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjadi sosok menarik dalam wacana pencalonan di Pilkada Jakarta 2024. Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem, Willy Aditya, menganggap wajar pernyataan Puan tersebut.

Meski sempat menjadi lawan antara Anies dan PDIP dalam sejumlah kontestasi sebelumnya, Willy menyebut tak ada yang mustahil dalam dinamika politik di Tanah Air. Willy bergurau mengenai barisan sakit hati.

"Ya nggak apa-apa, jangan lihat jadi diametralnya seperti itu. Politik kita ini kan suatu hal yang cair, bahkan ndak jarang juga sesama barisan sakit hati bertemu, kan?" kata Willy kepada wartawan di kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024).

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Masih menanggapi hal itu, Willy kemudian menceritakan mengenai sejarah politik Tanah Air saat Pemilu 1997 di masa Orde Baru. Kala itu, terjadi kerjasama antara gerakan politik nasionalis dan agamis pada Pemilu 1997 di masa Orde Baru.

Pendukung Megawati Soekarnoputri, lanjut Willy, memilih mengalihkan suaranya ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) karena Megawati memutuskan tak ikut dalam kontestasi pemilihan presiden (pilpres). Gerakan itu lantas marak dengan sebutan Mega-Bintang yang akhirnya dilarang penyebutannya oleh pemerintah.

"Itu wajar saja dan ada basis historisnya kok ini dan (gerakan) itu paling luar biasa di Jakarta, Solo, dan Yogya. Itu basis historisnya itu kuat banget dan terkonfirmasi," ucap dia.

Willy juga menyampaikan hal serupa saat ditanyakan menganai gelagat PKS dan PKB yang mulai mendekati Anies.

"Nasdem anteng lah. Kalian lihat pilpres bagaimana, kan sama Anies, gantian. Kemarin mesra sama Nasdem, gandengan, pacaran, sekarang PKB mau pacaran juga, PKS juga, wajar saja," jawab Willy.

Kendati begitu, saat ditanya apakah Anies sudah memutuskan untuk kembali berkontestasi di Pilkada DKI Jakarta, Willy enggan menjawab. Dia mengarahkan supaya hal itu ditanyakan langsung kepada Anies.

"Tanya ke Pak Anies lah, kalau NasDem ini kan oke-oke saja," tandasnya.

Puan Bilang 'Anies Menarik' di Jakarta

Puan Maharani sebelumnya berbicara terkait peluang mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diusung dalam Pilkada Jakarta. Puan mengatakan Anies cukup menarik.

Hal itu disampaikan Puan saat menjawab terkait nama Anies turut diperhitungkan atau tidak untuk diusung PDIP dalam Pilkada Jakarta.

"Menarik juga Pak Anies," kata Puan di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/6).

Lebih lanjut, Puan mengatakan partainya terbuka untuk bekerja sama dengan partai lain. Puan menuturkan saat ini partainya masih membahas nama-nama untuk diusung di Pilkada Jakarta.

"PDIP siap bekerjasama dengan siapa saja," ujarnya.

(ond/dnu)
Sumber: https://news.detik.com/pemilu/d-7378260/puan-sebut-anies-menarik-nasdem-tak-jarang-barisan-sakit-hati-bertemu
Tokoh









Graph