Ribuan Polisi Israel Dikerahkan di Yerusalem Menjelang Pawai Hari Bendera

  • 06 Juni 2024 11:04:25
  • Views: 6

Syafira | Kamis, 06/06/2024 04:04 WIB

Pemuda Israel dan polisi perbatasan Israel berkumpul menjelang pawai tahunan Hari Yerusalem, di Kota Tua Yerusalem, 5 Juni 2024. REUTERS

JERUSALEM - Ribuan polisi Israel dikerahkan di jalan-jalan Yerusalem pada Rabu menjelang prosesi Hari Bendera tahunan yang menandai penaklukan Israel atas Yerusalem Timur pada tahun 1967. Di masa lalu peringatan ini telah menyebabkan bentrokan antara pengunjuk rasa dan warga Palestina.

Pawai tahun ini berlangsung ketika perang di Gaza mendekati awal bulan kesembilan, sehingga menambah kekhawatiran akan terjadinya kekerasan yang lebih luas.

Puluhan ribu pengunjuk rasa yang membawa bendera Israel berwarna biru dan putih diperkirakan akan berparade melalui jalan-jalan sempit di Kota Tua, tempat banyak pemilik toko Palestina menutup bisnis mereka karena takut akan kekerasan rasis.

Seorang juru bicara kepolisian mengatakan lebih dari 3.000 polisi akan bertugas untuk "menjaga rutinitas hidup semaksimal mungkin".
“Warga Israel yang melintasi Israel dengan bendera Israel bukanlah hal yang menghasut, itu hanya hari libur nasional yang akan berlangsung,” katanya.

Israel menganggap seluruh Yerusalem, termasuk Yerusalem Timur, yang direbutnya dalam perang Timur Tengah tahun 1967 dan dianeksasi dalam sebuah tindakan yang tidak diakui secara internasional, sebagai ibu kota negara Yahudi yang “abadi dan tidak terbagi”.

Warga Palestina melihat demonstrasi tersebut sebagai sebuah provokasi terang-terangan yang bertujuan untuk melemahkan klaim mereka atas Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara merdeka di masa depan. Tahun lalu, acara tersebut menampilkan sekelompok pemuda Yahudi yang meneriakkan slogan-slogan termasuk "Matilah Orang Arab!"

Kota Tua Yerusalem yang bertembok, yang merupakan rumah bagi beberapa situs paling suci bagi agama Yahudi, Muslim, dan Kristen, sering menjadi sumber masalah, sering kali datang dari pengunjung dari luar wilayah tersebut, di mana ketiga komunitas tersebut tinggal berdekatan di antara kawasan gang sempit.

Tahun ini, ada peningkatan perhatian terhadap kemungkinan meningkatnya ketegangan dan reaksi dari Hamas, yang mengeluarkan pernyataan yang menyerukan “mobilisasi dan konfrontasi umum” di Yerusalem dan Tepi Barat yang diduduki.

Kekerasan yang terjadi selama unjuk rasa pada tahun 2021 berkontribusi pada dimulainya perang 10 hari antara Israel dan gerakan Islam yang telah memperingatkan bahwa mereka akan bereaksi terhadap apa yang dianggap sebagai serangan di kompleks Masjid Al Aqsa dan upaya kelompok pemukim Yahudi untuk menggusur secara paksa warga Palestina. warga dari rumahnya.

Polisi mengatakan pawai tidak akan memasuki kompleks puncak bukit, situs tersuci ketiga bagi umat Islam dan tempat tersuci bagi orang Yahudi, yang memujanya sebagai Temple Mount, situs dua Kuil kuno yang dihancurkan pada zaman kuno.

Sejumlah besar pengunjung Yahudi dilaporkan memasuki kompleks tersebut pada pagi hari, berdasarkan perjanjian dengan otoritas Yordania yang mengelola situs tersebut yang mengizinkan mereka mengunjungi kompleks tersebut tetapi tidak untuk berdoa di sana.

KEYWORD :

Israel Palestina Hari Bendera Yerusalem


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/156753/Ribuan-Polisi-Israel-Dikerahkan-di-Yerusalem-Menjelang-Pawai-Hari-Bendera/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
ministries Polisi,
religions Islam, Kristen,
fasums Masjid Al-Aqsa,
nations Israel, Palestina, Tepi Barat, Yordania,
cities Yerusalem,