Langkah Awal Kolaborasi Pertamina-Bakrie Group, Groundbreaking Nusantara Sustainability Hub oleh Presiden Jokowi

  • 05 Juni 2024 15:06:51
  • Views: 6

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) dan Bakrie Group bersinergi untuk membangun Nusantara Sustainability Hub di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Melalui kemitraan strategis antara Bakrie Group dan Pertamina, Nusantara Sustainability Hub akan mewadahi berbagai penelitian yang dilakukan oleh International Institute of Sustainability Indonesia (IISI), serta mengembangkan pusat riset dan fasilitas pendidikan energi berkelanjutan kelas dunia.

Pembangunan Nusantara Sustainability Hub dimulai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan secara simbolis oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) di IKN, Rabu (5/6/2024).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati, Chief Executive Officer (CEO) Bakrie & Brothers Anindya Bakrie, Dirut anak usaha Pertamina PT Patra Jasa Ray S M Daulay, Dirut Bakrie Center Foundation Jimmy Gani, serta mitra strategis lainnya.

Baca juga: Bahas HAM, Prabowo Nilai Lembaga Internasional Memiliki Standar Ganda

Presiden Jokowi menyampaikan dukungan penuh terhadap kemitraan dengan berbagai lembaga internasional yang fokus pada keberlanjutan, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menyambut kolaborasi di IKN.

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini masih terkait dengan penandatanganan Joint Statement of Collaboration yang dilakukan di Stanford University mengenai rencana kerja sama penelitian di sektor keberlanjutan Indonesia. Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Jokowi pada November 2023.

"Investasi di IKN ini adalah program masa depan karena transformasi ekonomi, ekonomi hijau, dan energi hijau itulah yang akan kami kembangkan di sini (IKN). Saya sangat mengapresiasi pembangunan Nusantara Sustainability Hub oleh kerja sama Pertamina, Bakrie, dan perusahaan lainnya," kata Jokowi dalam sambutannya saat groundbreaking Nusantara Sustainability Hub.

“Yang menarik nantinya adalah perusahaan dan universitas lain bisa bekerja sama di sini, sehingga tempat ini menjadi showcase riset dan pengembangan ekonomi hijau di negara kita,” sambungnya.

Baca juga: Integrasi Infrastruktur Berlanjut, PGN Tingkatkan Aliran Gas Bumi hingga 48 BBTUD ke Jateng

Kolaborasi antara Pertamina dan Bakrie Group mencakup pengembangan infrastruktur shared-hub di wilayah strategis Edutown IKN, serta penelitian yang mencakup aspek keberlanjutan, seperti penelitian mineral kritis berbasis kecerdasan buatan untuk mendukung eksplorasi sumber daya berkelanjutan.

Kedua aspek tersebut menunjukkan bahwa kolaborasi Pertamina dengan Bakrie Group selalu menekankan komitmen untuk mewujudkan pembangunan dan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan. Dalam hal ini, Pertamina melibatkan anak perusahaannya, Patra Jasa, untuk mengembangkan Nusantara Sustainability Hub.

Nusantara Sustainability Hub dibangun secara bertahap

Pada kesempatan yang sama, Dirut Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan bahwa Pertamina melalui Patra Jasa akan membangun Nusantara Sustainability Hub secara bertahap untuk mengembangkan aspek keberlanjutan di IKN.

Selain itu, kata dia, hub ini akan menghadirkan pusat riset dan inovasi bertaraf internasional di bidang keberlanjutan dan teknologi rendah karbon.

Baca juga: Pemerintah Pakai Produk Semen Rendah Emisi Karbon untuk Bangun IKN

"Kami berharap, Nusantara Sustainability Hub ini bisa menjadi wadah untuk berbagai inisiasi, brainstorming, serta pengembangan berkelanjutan yang melibatkan berbagai pihak.

Pada akhirnya, Pertamina berupaya mewujudkan energi ramah lingkungan yang akan dimanfaatkan secara optimal di IKN," ucap Nicke.

Untuk mendukung rencana tersebut, lanjut dia, Pertamina mengapresiasi Otorita IKN dan Bakrie Group yang telah memulai kerja sama sinergi dengan Pertamina.


Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2024/06/05/15065101/langkah-awal-kolaborasi-pertamina-bakrie-group-groundbreaking-nusantara
Tokoh













Graph