Rencana Korsel Bahas Pelanggaran HAM Korut Bersama PBB Bakal Picu Kemarahan Pyongyang

  • 05 Juni 2024 23:25:20
  • Views: 8

Syafira | Kamis, 06/06/2024 02:02 WIB

Perwakilan Tetap Republik Korea untuk PBB Joonkook Hwang berpidato di depan anggota Dewan Keamanan PBB di markas besar PBB di New York, AS, 29 Mei 2024. REUTERS

PBB - Korea Selatan berencana mengadakan pertemuan publik Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada pertengahan Juni mengenai pelanggaran hak asasi manusia di Korea Utara, kata utusan Seoul untuk PBB pada Senin, sebuah langkah yang kemungkinan besar akan membuat marah dan menghadapi Pyongyang. oposisi dari Rusia dan Tiongkok.

Dewan beranggotakan 15 orang tersebut terakhir kali bertemu mengenai masalah ini pada bulan Agustus 2023, yang merupakan diskusi publik pertama sejak tahun 2017. Tiongkok kemudian menentangnya – dengan mengatakan bahwa dewan tersebut tidak seharusnya membahas masalah hak asasi manusia – namun tidak berusaha menghalangi pertemuan tersebut karena kurangnya dukungan. .

Dewan Keamanan PBB bertugas menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Tiongkok dan Rusia berpendapat bahwa Dewan Hak Asasi Manusia PBB yang berbasis di Jenewa adalah tempat yang tepat untuk berdiskusi mengenai hak asasi manusia.

Duta Besar Korea Selatan untuk PBB Joonkook Hwang mengatakan ia berharap akan ada dukungan yang signifikan di antara anggota dewan untuk mengadakan pertemuan tersebut, mengingat bahwa masalah hak asasi manusia di Korea Utara – yang nama resminya adalah Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) – secara resmi menjadi perhatian utama. agenda Dewan Keamanan.

“Situasi hak asasi manusia dan kemanusiaan di DPRK terkait erat dengan pengembangan nuklir WMD yang agresif di Korea Utara,” katanya kepada wartawan, menggunakan akronim untuk “senjata pemusnah massal”, ketika Korea Selatan menjabat sebagai presiden Dewan Keamanan pada bulan Juni.

Misi PBB Korea Utara, Rusia dan Tiongkok di New York tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Korea Utara telah berulang kali menolak tuduhan pelanggaran dan menyalahkan sanksi atas situasi kemanusiaan yang mengerikan. Sejak tahun 2006, negara ini berada di bawah sanksi PBB atas program rudal balistik dan nuklirnya, namun ada pengecualian bantuan.

Antara tahun 2014 dan 2017 Dewan Keamanan mengadakan pertemuan publik tahunan mengenai pelanggaran hak asasi manusia di Korea Utara. Dewan mengadakan pertemuan formal tahunan secara tertutup mengenai masalah ini antara tahun 2020-2022.

Laporan penting PBB tahun 2014 tentang hak asasi manusia di Korea Utara menyimpulkan bahwa kepala keamanan Korea Utara – dan mungkin pemimpin Kim Jong Un sendiri – harus diadili karena mengawasi sistem kekejaman ala Nazi yang dikendalikan negara. Amerika Serikat memberikan sanksi kepada Kim pada tahun 2016 karena pelanggaran hak asasi manusia.

KEYWORD :

Korea Utara HAM PBB Korsel


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/156741/Rencana-Korsel-Bahas-Pelanggaran-HAM-Korut-Bersama-PBB-Bakal-Picu-Kemarahan-Pyongyang/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kim Jong Un,
companies Reuters,
parties PBB,
topics Pelanggaran HAM,
nations Amerika Serikat, Korea Selatan, Korea Utara, Republik Rakyat Cina, Rusia,
cities New York, Pyongyang, Seoul, Tiongkok,
cases HAM,