Pelopori ESG di Korsel, KBFG Gencar Salurkan Kredit Hijau lewat KB Bank

  • 05 Juni 2024 11:20:20
  • Views: 9

JAKARTA - PT Bank KB Bukopin (Tbk) terus aktif melakukan prinsip-prinsip environmental, social and governance (ESG) dalam rangka mewujudkan target net zero emission (NZE). Sebagai unit usaha dari KB Financial Group (KBFG) yang merupakan pelopor ESG di Korea Selatan, KB Bank meneruskan jejak tersebut dengan menerapkan ESG dalam proses bisnis dan kegiatan operasionalnya.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong mengatakan, keterlibatan perusahaan dalam menerapkan prinsip-prinsip ESG tentunya dapat membawa berbagai dampak positif. Tak terkecuali, mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya ekosistem ekonomi hijau.

“Kami percaya dengan ikut aktif dalam pembiayaan berbasis ESG, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi teknologi dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini,” tuturnya.

KB Financial Group Pelopor ESG di Korea Selatan

KBFG merupakan salah satu perusahaan keuangan yang pertama kali menjalankan prinsip ESG di Korea Selatan (Korsel). Tak heran, KBFG juga berhasil masuk anggota Carbon Management Honors Club yang disusun oleh Carbon Disclosure Project (CDP). Raksasa bisnis Korsel ini memiliki tiga program besar dalam menerapkan strategi ESG:

1. KB Green Wave 2030

Bertujuan untuk meningkatkan produk, investasi dan pinjaman ESG hingga mencapai 50 triliun Won pada 2030. Selain itu, KBFG juga menargetkan produk, investasi dan pinjaman terkait lingkungan mencapai 25 triliun won di 2030.

2. Net Zero S.T.A.R

KBFG menargetkan emisi internal bisa berkurang 42 persen pada 2030 dan mencapai nol di 2040. Sementara emisi pembiayaan berkurang 33,3 persen di 2030 dan mencapai nol di 2050.

3. KB Diversity 2027

KBFG menargetkan untuk mencetak hiring diversity hingga 15 persen, gender diversity mencapai 20 persen dan capability diversity mencapai 30 persen pada 2027.

KB Bank Teruskan Jejak KB Financial Group di Tanah Air

Melalui terobosan besar KBFG dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip ESG dalam proses bisnisnya, KB Bank terus berupaya untuk menerapkannya di Indonesia melalui berbagai cara, antara lain sebagai berikut.

1. Mengelola kantor dengan prinsip ramah lingkungan

Penerapan konsep 3R, yakni reduce, reuse, recycle untuk mengurangi limbah dan meningkatkan efisiensi sumber daya, mengurangi dampak lingkungan dan sosial, mencari solusi terhadap tantangan lingkungan global, melalui praktik bisnis yang berkelanjutan.

2. Menjaga tata kelola perusahaan yang baik

KB Bank terus mengupayakan transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi dan keadilan dalam semua aspek bisnis dan operasionalnya. Robby menegaskan, perusahaan konsisten berpegang pada kebijakan dan pedoman yang ketat terkait pelayanan nasabah, serta standar kualitas layanan yang sama di setiap kantor.

“KB Bank memiliki kebijakan dan pedoman yang ketat terkait pelayanan nasabah, serta standar kualitas layanan yang sama di setiap kantor,” katanya.

3. Menyalurkan kredit hijau

KB Bank selalu berupaya mengimplementasikan prinsip ESG melalui penyaluran kredit hijau, terutama pada pada sektor energi terbarukan, produk ekoefisiensi, serta kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Perusahaan optimistis, bisnis kredit hijau memiliki potensi yang sangat menarik, serta telah sejalan dengan komitmen KB Bank dalam mendukung ekosistem bisnis yang berkelanjutan.

Sebelumnya, KB Bank telah memberikan fasilitas kredit sejumlah senilai 20 juta Dolar AS, atau lebih dari Rp309 miliar kepada PT Energi Makmur Buana (INVI), yang merupakan anak usaha dari PT Indika Energy.

Fasilitas kredit tersebut bertujuan mendukung percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik komersial nasional, di antaranya pengadaan Electric Bus untuk Trans Jakarta dan pembiayaan untuk pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Pada tahun ini, KB Bank memiliki target untuk meningkatkan kontribusi kredit hijau dalam portofolio kreditnya. Fokusnya pada sektor-sektor yang mendukung transisi menuju ekonomi rendah karbon dan berkelanjutan, seperti sektor energi terbarukan, transportasi ramah lingkungan dan infrastruktur hijau.

Teranyar, KB Bank resmi menandatangani perjanjian kerja sama strategis untuk membangun ekosistem keuangan terkait pertanian tebu di Indonesia, dengan perusahaan produsen gula, PT Pabrik Gula Rajawali II (PG Rajawali II) dan perusahaan data analitik terkait pertanian dengan menggunakan teknologi satelit, PT Mata Langit Solusindo (MATA).

KB Bank berkomitmen untuk mendukung lebih dari 5.000 kebun tebu yang merupakan bagian dari Rajawali II, dengan menggunakan teknologi keuangan canggih KB.

Sementara itu, MATA akan menyediakan solusi data yang memungkinkan pemantauan kondisi cuaca, kelembaban tanah, jumlah pupuk, dan kesehatan tebu dengan menggunakan teknologi satelit dengan perkiraan produksi yang akan diberikan tebu enam bulan sebelum panen.

Masuknya KBFG melalui KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham KB Bank dinilai membawa perubahan positif dalam berbagai aspek bisnis. KB Bank berfokus pada isu-isu sosial tertentu yang relevan dengan masyarakat. Ke depannya, perusahaan akan mengadopsi Environmental and Social Risk Management yang telah diterapkan oleh KBFG.

“Kami melihat pembiayaan hijau sendiri mempunyai potensi yang besar di Indonesia. Pembiayaan hijau berpotensi meningkat sejalan dengan tumbuhnya perekonomian secara umum, maupun ekosistem ekonomi hijau secara khusus,” ujar Robby Mondong.

KB Bank berkomitmen untuk terus mendukung pembiayaan di sektor-sektor berkelanjutan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh KBFG. Upaya ini bertujuan untuk memastikan penerapan prinsip ESG dan komitmen KB Bank terhadap pembangunan berkelanjutan, tetap sejalan dengan nilai-nilai KBFG sebagai pelopor penerapan ESG di Korea Selatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Wul)

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/06/05/1/3017562/pelopori-esg-di-korsel-kbfg-gencar-salurkan-kredit-hijau-lewat-kb-bank
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, Kookmin Bank, WhatsApp,
bumns TransJakarta,
topics Listrik,
products dolar AS, kendaraan listrik, won,
nations Indonesia, Korea Selatan,
places DKI Jakarta,