Dubes LN Kagum Lihat Persemaian Mentawir: Inisiatif Luar Biasa

  • 04 Juni 2024 22:37:13
  • Views: 5

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak sejumlah duta besar luar negeri meninjau Persemaian Mentawir di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Para dubes tersebut kagum dengan persemaian tersebut.

Dikutip Biro Pers Sekretariat Presiden, Selasa (4/6/2024), Jokowi tampak menjelaskan beragam jenis bibit tanaman yang ada di Persemaian Mentawir.

Para duta besar pun memberikan kesan dan mengungkapkan kekaguman atas upaya pemerintah dalam menggalakkan reboisasi dengan pendekatan berbasis keanekaragaman pohon. Salah satunya Kevin Tokar, yang merupakan Kepala Kerja Sama Pembangunan di Kedutaan Besar Kanada di Indonesia.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sangat luar biasa melihat lanskap dan upaya persemaian ini untuk memastikan IKN dan wilayah sekitarnya menjadi bagian dari masa depan yang hijau dan berkelanjutan bagi Indonesia," ujar Kevin Tokar.

Senada, Carolyn Turk, Direktur Regional Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, juga mengaku mendapatkan pengalaman menarik saat berkunjung ke Persemaian Mentawir. Ia menyebut persemaian tersebut sebagai inisiatif yang luar biasa dari pemerintah Indonesia.

"Itu inisiatif yang luar biasa, dan saya sangat senang terutama atas fokus dalam memperkenalkan keberagaman dan semua jenis pohon yang digunakan dalam reforestasi, tidak hanya menggunakan pohon eukaliptus, tapi juga semua jenis pohon yang berbeda-beda. Luar biasa," ucap Carolyn Turk.

Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar Norwegia di Jakarta Kristian Netland juga mengapresiasi peresmian Persemaian Mentawir. Ia menilai Persemaian Mentawir telah terorganisasi dengan sangat baik dan menggunakan teknologi canggih.

"Ini merupakan inisiatif yang sangat luar biasa untuk melakukan reforestasi di Indonesia. Kami senang bisa mendukung ini," tutur Kristian Netland.

Turut mendampingi Jokowi dalam peninjauan ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

(eva/whn)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7374452/dubes-ln-kagum-lihat-persemaian-mentawir-inisiatif-luar-biasa
Tokoh







Graph