Amerika Bakal Uji Massal Susu untuk Deteksi Penyebaran Virus Flu Burung ke Sapi

  • 03 Juni 2024 19:10:31
  • Views: 5

Syafira | Senin, 03/06/2024 04:04 WIB

Peternak sapi perah Brent Pollard berdiri di kandangnya di peternakan sapi di Rockford, Illinois, AS, 9 April 2024. REUTERS

CHICAGO - Departemen Pertanian Amerika Serikat (AS) telah mengusulkan agar para peternak dapat menguji susu sapi perah mereka secara massal untuk mendeteksi flu burung. Usulan itu adalah alternatif dibandingkan menguji susu dari sapi secara individu sebelum mendapatkan persetujuan untuk mengirimkannya melintasi batas negara bagian, menurut dokumen pejabat dan lembaga negara bagian dan industri.

Penyebaran virus ini ke sapi dan dua pekerja peternakan sapi perah sejak akhir Maret menimbulkan kekhawatiran akan ancaman pandemi ini, dan para pejabat pemerintah berupaya untuk membendung penyakit ini sambil meminimalisir dampak buruk ekonomi pada sektor peternakan.

Departemen Pertanian (USDA) pada akhir April mulai mewajibkan sapi menyusui untuk mendapatkan hasil tes negatif sebelum dikirim melintasi batas negara bagian. Kemudian dikatakan bahwa perintah tersebut kemungkinan membantu mencegah penyebaran virus ke negara-negara baru.

USDA melaporkan 2.492 tes pra-pergerakan pada hari Rabu tetapi mengatakan jumlah tersebut tidak sama dengan jumlah hewan yang diuji.
Program percontohan untuk pengujian susu massal dapat dimulai pada bulan Juni bagi para peternak yang memilih untuk berpartisipasi, menurut dokumen yang dikirimkan USDA kepada pejabat industri minggu ini yang diperoleh Reuters.

Pejabat pertanian di enam negara bagian mengatakan kepada Reuters pada hari Rabu bahwa mereka sedang meninjau proposal USDA untuk program tersebut, yang belum pernah dilaporkan sebelumnya. USDA menolak berkomentar.

“Setelah mendapat dukungan dan partisipasi dari peternakan, program USDA dapat membantu mengurangi ancaman H5N1 pada peternakan sapi perah, lebih lanjut memitigasi risiko di kalangan pekerja peternakan, dan terus melindungi pasokan susu komersial negara kita,” kata International Dairy Foods Association dalam sebuah pernyataan. pernyataan kepada Reuters.

Beberapa analis layanan kesehatan telah menaikkan perkiraan penjualan tahunan obat penurun berat badan sekitar 50% menjadi sekitar $150 miliar pada awal tahun 2030-an.

USDA telah mengkonfirmasi adanya virus flu burung H5N1 pada sapi di sembilan negara bagian. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS memperkirakan bahwa 20% pasokan susu di AS menunjukkan tanda-tanda virus, sehingga mengindikasikan kemungkinan penyebaran yang lebih luas.

Para peternak mengatakan pengujian susu dari tangki penyimpanan massal menawarkan kesempatan untuk mengumpulkan sampel dari semua sapi dalam satu kawanan dan akan lebih efisien dibandingkan pengujian sampel dari hewan individu.

Tangki susu dalam jumlah besar dari masing-masing ternak memerlukan hasil pengujian negatif selama tiga minggu berturut-turut untuk menunjukkan bahwa ternak tersebut bebas dari flu burung dan dapat mengikuti program baru, menurut dokumen USDA tertanggal 24 Mei.

Para peternak kemudian perlu menyerahkan sampel susu dari tangki curah setiap minggunya untuk mempertahankan status mereka, kata dokumen tersebut. Hasil negatif yang berkelanjutan berarti tidak diperlukan pengujian tambahan sebelum mengirimkan ternak antar negara bagian, menurut dokumen tersebut.

USDA mengatakan pihaknya dapat mewujudkan kebebasan penyakit di negara bagian atau wilayah jika cukup banyak petani yang berpartisipasi. Jika suatu kawanan dinyatakan positif dalam program tersebut, akan ada penyelidikan epidemiologi dan evaluasi pergerakan hewan yang dianggap berisiko rendah, menurut dokumen tersebut.

Program ini sebagian besar akan bermanfaat bagi perusahaan susu besar yang memindahkan hewan, kata dokter hewan.

Namun, tiga minggu pengujian susu dari tangki curah tidak cukup untuk memastikan bahwa suatu kawanan ternak bebas dari flu burung, kata Gail Hansen, seorang konsultan dokter hewan dan kesehatan masyarakat. Sampel dari sapi yang sehat dapat mengencerkan sampel dari sejumlah kecil sapi yang terinfeksi dalam kelompok yang sama ketika susunya tercampur di dalam tangki, katanya.

“Ini mungkin memberi orang rasa aman yang salah,” kata Hansen.
Pejabat negara mengatakan mereka memiliki pertanyaan tentang logistik program yang diusulkan.

Texas mengatakan USDA telah memberitahu pejabat kesehatan hewan di negara bagian tersebut mengenai program tersebut namun belum memberikan rincian akhir tentang bagaimana program tersebut akan dilaksanakan.

Program ini dimaksudkan untuk membantu pengendalian penyakit pada ternak namun dapat menimbulkan dampak pasar yang negatif bagi para peternak, kata Bret Marsh, dokter hewan di negara bagian Indiana.

“Kekhawatiran terbesar Indiana adalah: Bagaimana informasi yang dikumpulkan akan digunakan? Temuan apa pun di Indiana dapat menempatkan kita dalam kategori negara bagian yang terkena dampak, sehingga membuat produsen Hoosier harus meningkatkan pembatasan dari negara bagian lain,” katanya.

Michigan, yang memiliki lebih banyak kasus infeksi pada ternak dibandingkan negara bagian lain, tertarik, kata Tim Boring, direktur Departemen Pertanian dan Pembangunan Pedesaan di negara bagian tersebut.

“Salah satu perlindungan dasar di sini adalah dengan membatasi pergerakan hewan,” katanya. "Hal terakhir yang kami inginkan yang dilakukan adalah memindahkan ternak yang sakit ke peternakan lain dan dengan demikian menyebarkan penyakit lebih lanjut."

KEYWORD :

Flu Burung Amerika Pengujian Susu Sapi


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/156556/Amerika-Bakal-Uji-Massal-Susu-untuk-Deteksi-Penyebaran-Virus-Flu-Burung-ke-Sapi/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
ministries BPOM,
nations Amerika Serikat,
cities Michigan, Tangki,
animals Sapi,
musicclubs APRIL,