Beda Kelas Dinasti Keluarga Cendana vs Jokowi

  • 02 Juni 2024 01:58:00
  • Views: 14

Tak henti-hentinya publik memberikan cap dinasti politik terhadap keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, kehadiran dinasti politik keluarga Jokowi dipandang kalah jauh dengan keluarga Cendana yang dikepalai oleh eks Presiden RI, Soeharto.

Publik menilai bahwa keluarga Soeharto jauh lebih berkelas ketimbang keluarga Jokowi. Pasalnya, anggota keluarga Cendana seperti Bambang Soeharto, Titiek Soeharto, dan Tommy Soeharto menguasai industri dan infrastruktur negara.

Sedangkan anak-anak Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, hanya berkutat di dunia kuliner dan itupun masih diterpa dengan naik-turunnya performa bisnis.

"Sori banget nih bukannya mau jadi orba apologist tapi meski sama-sama nepo baby Tommy, Tutut, sama Bambang Tri itu fokusnya lebih ke memperkuat kekuasaan via megang infrastruktur dan industri," celetuk warganet.

"Anak-anak Jokowi jualan martabak sama pisang goreng aja ga becus," lanjut warganet tersebut.

Soriiiiiii banget nih bukannya mau jadi orba apologist tapi meski sama-sama nepo baby Tommy, Tutut, sama Bambang Tri itu fokusnya lebih ke memperkuat kekuasaan via megang infrastruktur dan industri

Anak-anak Jokowi jualan martabak sama pisang goreng aja ga becus https://t.co/Op8zOTjybu

— marung wadura (@aimr0d) May 31, 2024

Lantas, benarkah dinasti Jokowi masih kalah saing dengan dinasti Jokowi?

Kehebatan anak-anak Jokowi: Kuasai kuliner hingga tim sepak bola

Meski kini rendah di mata publik, anak-anak Jokowi bisa merintis bisnis kuliner berskala besar.

Gibran punya salah satu bisnis andalannya yakni Martabak Markobar yang tersebar luas di berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Makassar, hingga Manado.

Suami Selvi Ananda ini juga berjaya berkat bisnis cateringnya, Chili Pari yang menjadi langganan di berbagai perhelatan di Surakarta.

Bukan cuma di Solo, catering ini juga beroperasi di Yogyakarta, Ngawi, Madiun, dan Semarang.

Kendati demikian, Gibran kini harus melepas beberapa bisnisnya tersebut seusai didapuk menjadi Wali Kota Surakarta.

Usai tak lagi menekuni dunia bisnis, Gibran kini menikmati puncak kariernya di dunia politik lantaran menjadi Wakil Presiden RI terpilih.

Lalu sang adik, yakni Kaesang Pangarep juga merintis bisnis kuliner yakni Yang Ayam dan Sang Pisang yang tak asing di telinga masyarakat.

Kaesang juga tercatat sebagai salah satu pemilik klub bola Persis Solo.

Keluarga Cendana kuasai dunia bisnis Indonesia

Tak heran jika keluarga Cendana disebut lebih berjaya ketimbang keluarga Jokowi.

Sebab, anak-anak Soeharto menjadi raksasa bisnis di Indonesia kendati tak memegang kekuasaan di pemerintahan.

Bambang Soeharto atau Bambang Trihatmodjo merupakan salah satu pendiri PT Bimantara Citra atau  PT Global Mediacom Tbk. yang pada akhirnya menjadi MNC Group.

Bambang juga menguasai bisnis otomotif melalui PT Citra Auto Nusantara dan berbagai sektor bisnis lainnya seperti perhotelan dan pengembangan properti.

Lalu ada Tommy Soeharto yang menguasai sektor migas melalui PT Humpuss. Tommy juga tercatat sebagai pemilik PT Lor Internasional Hotel yang mengoperasikan berbagai hotel bintang lima seantero negeri.

Kemudian ada Titiek Soeharto yang kini aktif sebagai politisi melalui Partai Gerindra bersama mantan suaminya, Prabowo Subianto.

Beberapa anak Soeharto lainnya seperti Tutut, Sigit, dan Mamiek yang jarang terekspos juga menguasai beberapa bisnis besar di Tanah Air.

Foto: Keluarga Cendana vs Keluarga Jokowi (Twitter).


Sumber: https://www.oposisicerdas.com/2024/06/beda-kelas-dinasti-keluarga-cendana-vs.html
Tokoh



















Graph