Mahfud MD Soal Anies Maju Lagi Pilkada Jakarta, Singgung Bung Karno di Harlah Pancasila

  • 02 Juni 2024 11:25:20
  • Views: 11

PIKIRAN RAKYAT - Eks Menko Polhukam yang juga eks Cawapres dalam Pilpres 2024, Mahfud MD memberikan tanggapan pada kabar maju kembalinya Anies Baswedan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta tahun ini.

Eks Gubenur DKI Jakarta sekaligus kandidat capres di Pilpres 2024 kemarin itu pasalnya belakangan menunjukkan isyarat kuat Kembali 'bertempur' di panggung Pemilihan Gubernur (Pilgub) ibu kota.

Anies kepada media massa, mengaku mulai memikirkan secara serius opsi tersebut. Terutama, dipicu banyaknya dukungan yang datang, baik dari masyarakat maupun elite politik.

Sebagai responsnya, Cawapres Ganjar Pranowo yang juga eks Menko Polhukam, Mahfud MD, hanya menjawab singkat. Ia mengaku tak punya tanggapan lain selain mempersilakan Anies untuk target politik praktis ke depan.

"Nggak, nggak ada tanggapan silakan saja," ujar Mahfud, di Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu, 1 Juni 2024.

Hal itu diungkap Mahfud usai menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila di Ende, NTT. Dalam memaknai kelahiran dasar negara, Mahfud memposisikannya sebagai refleksi bagi setiap pejabat publik dalam negeri.

"Seorang pemimpin pejabat pemerintah semuanya itu harus berani berkorban untuk Indonesia. Jangan sampai ada kesan ini yang dikorbankan rakyat pemimpinnya nggak mau berkorban," ujar Mahfud.

"Bung Karno dulu mau diselundupkan, lari dari sini nggak mau, karena dia mau bersama rakyat yang menderita, sama-sama berkorban. Itu saja, mari kita jaga Indonesia ini dengan sangat Pancasila," katanya, menambahkan.

Baca Juga: Cak Imin Senang jika Anies Maju Pilgub Jakarta, PKB Belum Putuskan Dukungan

Anies Pikirkan Serius Jabat Gubernur DKI Sekali Lagi

Sebelumnya, Dukungan berdatangan ke arah Anies Baswedan, untuk kembali maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Anies memastikan pihaknya sedang memikirkan opsi tersebut dengan saksama.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengaku merasa terhormat dan bersyukur atas sokongan yang telah datang padanya. Untuk itulah pihak Anies akan mempertimbangkan serius tindak lanjut langkah ke depan.

"Saya terima kasih, itu sebuah kehormatan, sebuah penghargaan. Kami sedang memikirkan itu secara serius," kata Anies, di kawasan Jakarta Pusat, Senin, 20 Mei 2024.

Namun, Anies belum mau membuka prediksi dan hitung-hitungannya perihal partai mana yang akan mengusungnya maju di Pilgub Jakarta kali ini.

Eks capres nomor urut 1 Pilpres 2024 itu justru meminta awak media menunggu sambil mengamati prosesnya, jelang Pilkada 2024 yang sudah di depan mata.

"Kita lihat nanti," ucap dia. ***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018162104/mahfud-md-soal-anies-maju-lagi-pilkada-jakarta-singgung-bung-karno-di-harlah-pancasila?page=all
Tokoh









Graph