Tinjau Pasar Senggol Dumai, Jokowi Pastikan Harga Sembako Stabil

  • 01 Juni 2024 18:01:13
  • Views: 4

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan langsung ke Pasar Senggol Dumai, Kota Dumai, Riau Sabtu, 1 Juni 2024. Kunjungan ini bertujuan antara lain untuk memastikan stabilitas harga dan ketersediaan sembako bagi masyarakat.

Presiden menyebut bahwa harga di Pasar Senggol dinilai stabil.

"Harga-harga di sini baik dan stabil, enggak ada yang melompat aneh-aneh," kata Presiden dalam keterangannya usai peninjauan.

Mengenai stok beras, Presiden memastikan bahwa ketersediaan beras di gudang Bulog secara nasional lebih dari rata-rata biasanya. Presiden pun meminta masyarakat untuk mengecek langsung ke gudang Bulog setempat.

"Biasanya stok Bulog nasional itu biasanya 900 (ribu) sampai 1,2 juta ton. Per hari ini, stok di Bulog sudah 1,8 juta ton. Tersebar di seluruh gudang Bulog di tiap kota dan provinsi," jelasnya.

Presiden juga menyinggung tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) beras yang sulit turun meskipun produksi panen raya sudah meningkat.

"Biaya petani untuk sewa lahan, pupuk, bibit, tenaga kerja, semuanya naik. Jadi masyarakat harus maklum bahwa petani juga harus mendapatkan keuntungan," kata Presiden.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kepala Negara pun menekankan pentingnya mencari keseimbangan harga yang tidak hanya menguntungkan petani tetapi juga terjangkau bagi masyarakat. "Mencari keseimbangan seperti itu tidak gampang. Masyarakat senang, petani senang," kata Kepala Negara.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Pasar Senggol Dumai yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur Riau S.F. Hariyanto, dan Wali Kota Dumai Paisal.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2024/06/01/337/3016067/tinjau-pasar-senggol-dumai-jokowi-pastikan-harga-sembako-stabil
Tokoh



















Graph