Bakamla RI Satukan Kekuatan di Hari Lahir Pancasila 2024

  • 02 Juni 2024 02:38:51
  • Views: 5

Abadikini.com, JAKARTA – Seluruh personel Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di lapangan apel Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, pada Sabtu (1/6/2024). Upacara ini dipimpin oleh Direktur Strategi Keamanan Laut Bakamla RI, Laksamana Pertama (Laksma) Bakamla Dafit Santoso.

Upacara dimulai dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih, diikuti dengan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara, pembacaan UUD 1945, dan pembacaan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), Yudian Wahyudi, yang disampaikan oleh Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, tema peringatan tahun ini, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” menggarisbawahi pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa di tengah berbagai perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa, dalam rangka menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” ujar Inspektur Upacara membacakan amanat tersebut.

Mengakhiri amanatnya, Inspektur Upacara mengajak seluruh personel Bakamla RI untuk terus bergotong royong merawat anugerah Pancasila dan memompa semangat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Upacara ini dihadiri oleh seluruh jajaran personel Bakamla RI dan menjadi momentum penting dalam meneguhkan komitmen mereka terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.


Sumber: https://www.abadikini.com/2024/06/02/bakamla-ri-satukan-kekuatan-di-hari-lahir-pancasila-2024/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Yudian Wahyudi,
ministries BPIP,
events Hari Pancasila,
products emas, Ideologi Pancasila, Pancasila, UUD 1945,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,